Batik Banjarnegara harus memiliki keunggulan

Ditulis 08 Jan 2012 - 10:56 oleh Banyumas1

motif nggaranggati

BANJARNEGARA – Untuk bisa bersaing dengan produk batik dari daerah lain yang sudah lebih dulu terkenal, seperti dari Solo, Jogja dan Pekalongan,  batik Banjarnegara  harus memiliki kekhasan dan keunggulan agar  diterima pasar. Demikian kata Joko Sasongko, Ketua Kadin Banjarnegara, mengomentari gealaran “Batik Great  Sale” yang diadakan di Banjarnegara,  5-8 Januari 2012, yang diikuti oleh 12 kelompok UMKM yang bergerak dalam kerajinan batik yang ada di Banjarnegara, yaitu 9 UMKM dari Gumelem, 2 dari Kutabanjernegara, dan 1 dari Mandiraja.

Kekhasan batik dicerminkan dari motif sedangkan keunggulan kualitas dari bahan dan pewarnaan. Karenanya Joko Sasongko berinisiatif mengirimkan batik Banjarnegara ke ITB Bandung untuk diteliti apakah batik Banjarnegara mudah luntur atau tidak. Dikatakannya, Rektor ITB yang asli putra Banjarnegara  sangat  mendukung produk lokal yang bisa membawa nama harum Banjarnegara  ini.

Pemerintah daerah melalui Wakil Bupati Banjarnegara Hadi Supeno, mengapresiasi kegairahan masyarakat untuk memakai batik khas Banjarnegara. Seperti ditunjukkan dari pameran kali ini, beberapa organisasi profesi dan kalangan usaha memesan batik Banjarnegara  untuk seragam, seperti pesanan Ikatan Dokter  Indonesia (IDI) sejumlah 400 potong  kain. “Kami juga merencanakan pameran batik Banjarnegara  ini di Jakarta”, kata Hadi Supeno.

Dalam event Batik Great Sale dipamerkan juga batik dari daerah lain sebagai pembanding. (BNC/ist)

 

Tentang Penulis

1 Komentar so far. Feel free to join this conversation.

  1. supriyono 19/07/2014 pukul 11:29 -

    kpn batik Nggaranggati jd seragam di instasi bara

Leave A Response