HUT Purbalingga ke 181,Bupati dan Wakil Bupati Purbalingga Sampaikan Selamat

Ditulis 19 Des 2011 - 16:13 oleh Banyumas1

SAMBUTAN BUPATI PURBALINGGA
PADA UPACARA BENDERA DALAM RANGKA MEMPERINGATI HARI JADI KE-181
KABUPATEN PURBALINGGA

MINGGU, 18 DESEMBER 2011

ASSALAMU’ALAIKUM WR. WB.
SELAMAT PAGI, SALAM SEJAHTERA UNTUK KITA SEMUA

YTH. KETUA DPRD KABUPATEN PURBALINGGA BESERTA IBU;
YTH. BAPAK WAKIL BUPATI DAN PARA ANGGOTA FORUM KOMUNIKASI PIMPINAN DAERAH, MASING-MASING BESERTA IBU;
YTH. BUPATI BANYUMAS, CILACAP, BANJARNEGARA DAN KEBUMEN;
YTH. PARA MANTAN BUPATI DAN MANTAN SEKDA KABUPATEN PURBALINGGA;
YTH. PARA ANGGOTA DPRD KABUPATEN PURBALINGGA;
YTH. PLT. SEKDA DAN PARA PEJABAT DI JAJARAN PEMERINTAH KABUPATEN PURBALINGGA;
YTH. PARA KEPALA DINAS VERTIKAL DAN PARA PIMPINAN BUMN/ BUMD;
YTH. PARA ANGGOTA MUSPIKA SE-PURBALINGGA;
YTH. PARA PIMPINAN PARPOL/ ORGANISASI PEMUDA/ ORGANISASI WANITA/ ORGANISASI MASYARAKAT DAN LSM SE-KABUPATEN PURBALINGGA;
YTH. PARA PIMPINAN PERUSAHAAN/ TOKO DAN RADIO SE- KABUPATEN PURBALINGGA
DAN SELURUH PESERTA UPACARA YANG BERBAHAGIA;

TERIRING RASA SYUKUR ALHAMDHULILLAH KEHADIRAT TUHAN YANG MAHA KUASA, BERBAHAGIA SEKALI PAGI INI KITA DAPAT BERSAMA-SAMA HADIR MELAKSANAKAN UPACARA MEMPERINGATI HARI JADI KE–181 KABUPATEN PURBALINGGA, DALAM KEADAAN SEHAT WAL’AFIAT DAN DALAM SUASANA PENUH PERSAUDARAAN.
UNTUK ITULAH, SAYA ATAS NAMA PRIBADI DAN PEMERINTAH KABUPATEN PURBALINGGA MENYAMPAIKAN ‘UCAPAN SELAMAT DAN DIRGAHAYU KE-181 KABUPATEN PURBALINGGA’ KEPADA SEGENAP WARGA MASYARAKAT PURBALINGGA. SEMOGA DENGAN BERTAMBAHNYA USIA KABUPATEN PURBALINGGA INI MENDORONG KEMAJUAN PEMBANGUNAN YANG DILANDASI SEMANGAT PERSATUAN, KEBERSAMAAN, KEGOTONGROYONGAN DAN KERJASAMA GUNA MENINGKATKAN KESEJAHTERAAN MASYARAKAT.

HADIRIN TAMU UNDANGAN DAN PESERTA UPACARA YANG BERBAHAGIA;

SEBAGAIMANA KITA KETAHUI PENENTUAN HARI JADI PURBALINGGA DIDASARKAN PADA PENELITIAN LITERATUR YANG DILAKUKAN OLEH LEMBAGA PENGABDIAN MASYARAKAT (LPM) UNIVERSITAS GAJAH MADA (UGM). LPM UGM MELAKUKAN PENELITIAN MEMBANDINGKAN EMPAT BABAD DENGAN ARSIP PENINGGALAN PEMERINTAH HINDIA BELANDA YANG DISIMPAN DALAM KOLEKSI ARSIP NASIONAL REPUBLIK INDONESIA. HASILNYA DISEPAKATI BAHWA HARI JADI PURBALINGGA JATUH PADA TANGGAL 18 DESEMBER 1830 ATAU 3 RAJAB 1246 HIJRIAH ATAU 3 RAJAB 1758 JE YANG DALAM SURYA SENGKALANYA TERTULIS SIREPING RANANGGONO HANGESTI PROJO. HARI JADI PURBALINGGA TELAH DITETAPKAN MELALUI PERATURAN DAERAH (PERDA) KABUPATEN DATI II PURBALINGGA NOMOR 15 TAHUN 1996, TANGGAL 19 NOVEMBER 1996.
TANPA MENGURANGI KEHIDMATAN DAN MAKNA YANG TERKANDUNG DIDALAMNYA, PERINGATAN HARI JADI KABUPATEN PURBALINGGA KE-181 KAMI SELENGGARAKAN LEBIH MERIAH DIBANDING TAHUN LALU, NAMUN DENGAN TETAP TIDAK MENINGGALKAN ASPEK KESEDERHANAAN. PERINGATAN HARI JADI MERUPAKAN MOMENTUM YANG SANGAT PENTING DAN STRATEGIS SEBAGAI UNGKAPAN SYUKUR DAN TERIMA KASIH KITA KEHADIRAT ALLAH SWT-TUHAN YANG MAHA KUASA, YANG TELAH MELIMPAHKAN BERBAGAI RAHMAT DAN KASIH SAYANGNYA KEPADA SEGENAP WARGA MASYARAKAT PURBALINGGA, SERTA SEBAGAI SUATU BENTUK PENGHARGAAN DAN PENGHORMATAN KEPADA PENDAHULU YANG TELAH MERINTIS BERDIRINYA, ATAUPUN GENERASI SESUDAHNYA YANG TELAH MEMIMPIN DAN MEMEGANG KENDALI PEMERINTAHAN DI KABUPATEN PURBALINGGA. MEREKA JUGA TELAH MENGABDI DAN BERKARYA UNTUK KEMAJUAN DAN KESEJAHTERAAN MASYARAKAT PURBALINGGA.
DALAM KAITANNYA DENGAN ITU, KITA SEMUA MERASAKAN DARI WAKTU KE WAKTU, KABUPATEN PURBALINGGA MENGALAMI BERBAGAI MACAM DINAMIKA KEHIDUPAN, BAIK EKONOMI, SOSIAL, POLITIK MAUPUN BUDAYA.
TANTANGAN, HAMBATAN, DAN HARAPAN JUGA MENYERTAI DINAMIKA TERSEBUT. SEMUA ITU MERUPAKAN PENGALAMAN YANG HARUS KITA JADIKAN MOTIVASI UNTUK MENATAP MASA DEPAN YANG LEBIH BAIK DAN MENYELESAIKAN BERBAGAI PERSOALAN, BAIK YANG SEDANG MAUPUN YANG AKAN TERJADI. UNTUK ITU, MOMENTUM PERINGATAN HARI JADI PURBALINGGA TAHUN INI HENDAKNYA DAPAT KITA GUNAKAN SEBAGAI WAHANA REFLEKSI DAN INTROSPEKSI DIRI SECARA MENDALAM SESUAI DENGAN FILOSOFI OJO RUMONGSO BISO, NANGING BISO RUMONGSO. ARTINYA, MELALUI MOMENTUM HARI JADI INI KITA PERLU MERENUNGKAN APA SAJA YANG TELAH BERHASIL KITA LAKSANAKAN DAN MENCERMATI HAL – HAL YANG BELUM DAPAT KITA SELESAIKAN SEBAGAI BEKAL MENYUSUN PROGRAM DAN KEGIATAN DI MASA YANG AKAN DATANG.
HADIRIN TAMU UNDANGAN DAN PESERTA UPACARA YANG BERBAHAGIA;

PERINGATAN HARI JADI TAHUN INI MENGANGKAT TEMA : “DENGAN HARI JADI KE 181, KITA MANTAPKAN SEMANGAT PERSATUAN, KEBERSAMAAN, KEGOTONGROYONGAN DAN KERJASAMA SEGENAP JAJARAN APARAT DAN SELURUH MASYARAKAT UNTUK MEMBANGUN DAN MEMAJUKAN KABUPATEN PURBALINGGA”. HAL INI DIDASARI PEMIKIRAN BAHWA HARI JADI MERUPAKAN MOMENTUM YANG TEPAT UNTUK MEMPERKUAT IKATAN PERSATUAN, KEBERSAMAAN DAN KEGOTONGROYONGAN ATAU SOLIDARITAS SOSIAL DIANTARA SELURUH KOMPONEN MASYARAKAT PURBALINGGA. APAPUN LATAR BELAKANG, SUKU, AGAMA, STATUS SOSIAL, DAN STATUS EKONOMINYA, KITA SEMUA HARUS RUKUN DAN BERSATU UNTUK MENCAPAI KESEJAHTERAAN. JANGAN SAMPAI PERBEDAAN YANG ADA MENJADI PENGHALANG BAGI KITA SEMUA UNTUK HIDUP RUKUN. MARI KITA BERSATU DAN HIDUP RUKUN AGAR TERCAPAI KESEJAHTERAAN DAN KEDAMAIAN SEPERTI YANG KITA HARAPKAN BERSAMA.
SELAMA INI, SEMANGAT KEBERSAMAAN DAN GOTONG ROYONG TELAH MENJADI SPIRIT BAGI PEMERINTAH DAN MASYARAKAT PURBALINGGA DALAM MELAKSANAKAN PEMERINTAHAN, PEMBANGUNAN, DAN PELAYANAN KEMASYARAKATAN. SEBAGAI BENTUK RASA TERIMA KASIH DAN PENGHARGAAN KEPADA MASYARAKAT PURBALINGGA YANG SELAMA INI SECARA IKHLAS DAN KONSISTEN BERPARTISIPASI DALAM PROSES PEMBANGUNAN, PADA MOMENTUM HARI JADI TAHUN INI TELAH DAN AKAN DISELENGGARAKAN BERBAGAI KEGIATAN SEBAGAI BERIKUT :
1. SENAM SEHAT DI HALAMAN PASAR SEGAMAS.
2. PEMBERIAN TALI ASIH KEPADA PARA PENSIUNAN PNS.
3. PEMBERIAN BANTUAN DANA PENDIDIKAN KEPADA ANAK-ANAK PNS GOLONGAN I DAN II.
4. ZIARAH KE MAKAM ARSANTAKA DAN GIRI CENDANA UNTUK BERDO’A DAN DENGAN HARAPAN KITA SENANTIASA MENGINGAT DAN MENGHARGAI JASA – JASA ORANG – ORANG YANG BERJASA BESAR KEPADA PURBALINGGA. JUGA KE MAKAM MANTAN KETUA DPRD PURBALINGGA LETKOL PURNAWIRAWAN KARSONO DI TAMAN MAKAM PAHLAWAN PURBOSAROYO DAN MAKAM SALIMAN DI KELURAHAN WIRASANA.
5. PAGELARAN SENI, BAIK MODERN MAUPUN TRADISIONAL DALAM PEKAN BUDAYA, YANG MULAI DIGELAR USAI PELAKSANAAN UPACARA INI DENGAN PAWAI BUDAYA YANG DIIKUTI OLEH UTUSAN DARI 18 KECAMATAN SE-PURBALINGGA, SERTA DIDUKUNG KESENIAN DARI JAWA TIMUR, JATIM DAN JAWA TENGAH.

HADIRIN DAN PESERTA UPACARA YANG SAYA HORMATI;

DI TENGAH KEBERHASILAN YANG DAPAT KITA RASAKAN, KITA TETAP PERLU WASPADA DAN MELAKUKAN LANGKAH ANTISIPASI UNTUK MENJAGA KONDUSIVITAS KEHIDUPAN, AGAR TIDAK TERKONTAMINASI KRISIS YANG SAAT INI SEDANG MENGHADANG DI DEPAN MATA, YAITU : KRISIS JATIDIRI, KRISIS IDEOLOGI, KRISIS KARAKTER DAN KRISIS KEPERCAYAAN YANG DAPAT MEMPORAK PORANDAKAN PERSATUAN DAN KESATUAN.
UNTUK ITU, KAMI JUGA SEJALAN DENGAN SIKAP PEMERINTAH PROVINSI JAWA TENGAH YANG TETAP KONSISTEN MELAKSANAKAN KOMITMEN SEBAGAI BENTENG PANCASILA DAN BASIS PEMBANGUNAN, DENGAN TERUS MEMPERERAT TALI PERSAUDARAAN DAN SEMANGAT GOTONG-ROYONG DALAM KEHIDUPAN SEHARI-HARI. ITULAH JATIDIRI KITA YANG CINTA DAMAI DAN SUKA BERMUSYAWARAH, SEHINGGA SETIAP KESULITAN YANG KITA HADAPAI, DAPAT KITA UPAYAKAN SOLUSINYA, DENGAN TETAP MENJAGA KEHIDUPAN YANG AMAN, NYAMAN, TENTERAM, DAMAI DAN SEJAHTERA.
SOSIALISASI PEMANTAPAN KEMBALI PANCASILA SEBAGAI IDEOLOGI, PANDANGAN HIDUP, DAN DASAR NEGARA INDONESIA, MARI KITA DENGUNGKAN KAMBALI DAN KITA LAKSANAKAN DALAM PRAKTIK KEHIDUPAN SEHARI-HARI.

HADIRIN DAN PESERTA UPACARA YANG SAYA HORMATI;

DEMIKIANLAH YANG DAPAT SAYA SAMPAIKAN PADA KESEMPATAN UPACARA MEMPERINGATI HARI JADI KE-181 KABUPATEN PURBALINGGA. KEPADA SELURUH JAJARAN PEMERINTAHAN, STAKEHOLDERS, DAN SELURUH ELEMEN MASYARAKAT, MARI KITA GELORAKAN TERUS GUMREGAH NYAMBUT GAWE DAN BEKERJA LEBIH KERAS LAGI MENUJU MASYARAKAT PURBALINGGA YANG SEMAKIN SEJAHTERA.
MASYARAKAT HARUS BERSATU DENGAN APARATUR PEMERINTAHAN DALAM MENYELENGGARAKAN PEMBANGUNAN. SESANTI DASAR PEMERINTAH KABUPATEN PURBALINGGA YANG TERCANTUM DALAM LAMBANG DAERAH YAKNI PRASETYANING NAYAKA AMANGUN PRAJA, SESUNGGUHNYA MENGISYARATKAN ADANYA KEBULATAN TEKAD PARA PENYELENGGARA PEMERINTAHAN DAN MASYARAKAT LUAS UNTUK BERSAMA-SAMA, BERSATU PADU DAN BERSINERGI DALAM MEMBANGUN DAERAHNYA, ATAU BERSATU PADU BERSAMA-SAMA BERGOTONG ROYONG MEMAYU HAYUNING BAWANA, MEMBANGUN DAN MEMAJUKAN DAERAHNYA, DAERAH KITA KABUPATEN PURBALINGGA.

DIRGAHAYU KABUPATEN PURBALINGGA
SEMOGA TUHAN YANG MAHA KUASA SENANTIASA MEMBERIKAN KESEHATAN, KEMUDAHAN DAN PENGAYOMAN KEPADA KITA DALAM MERAIH SUKSES PEMBANGUNAN PURBALINGGA.

SEKIAN DAN TERIMA KASIH ATAS PERHATIANNYA.
WASSALAMU’ALAIKUM WR.WB.

BUPATI PURBALINGGA,

Drs. H. HERU SUDJATMOKO, M.SI

Tentang Penulis

Leave A Response