Peringati Hari Jadi, Bupati Ziarah Makam Leluhur.

Ditulis 19 Des 2011 - 15:39 oleh Banyumas1

PURBALINGGA(BNC)– Memperingati hari jadi ke-181 Kabupaten Purbalingga, Bupati Purbalingga Drs H Heru Sudjatmoko M.Si melaksanakan ziarah ke makam leluhur. Bersama Wakil Bupati Drs H Sukento Ridho Marhaendrianto MM, Ketua DPRD H Tasdi SH MM dan jajaran Muspida, melakukan ziarah ke makam Arsantaka di Kelurahan Purbalingga Lor dan Makam Giri Cendana Desa Kajongan Kecamatan Bojongsari. Kedua makan itu, merupakan peristirahatan terakhir para mantan Bupati Purbalingga.

“Kita berada ditempat ini, untuk mengenang dan mendoakan para leluhur pendahulu kita. Sekaligus kita berdoa agar sebagai generasi penerus, kita mampu berjuang mewujudkan cita-cita mereka. Utamanya dalam menciptakan Kabupaten Purbalingga yang lebih baik,” kata Bupati di sela-sela pelaksanaan ziarah, Jum’at (16/11).

Untuk peringatan Hari Jadi tahun depan, Bupati berkeinginan, kegiatan ziarah tidak hanya dilakukan untuk mantan Bupati Trah Arsakusuma saja. Namun para mantan Bupati yang dimakamkan di luar Purbalingga juga akan di kunjungi, meski tidak dengan rombongan besar.

Menurut Bupati, saat ini terdapat sejumlah mantan Bupati yang dimakamkan tersebar di luar Purbalingga. Seperti, R Moch Pujadi (Bupati ke-14), Letkol (TNI-AU) Goentoer Darjono (Bupati ke-17), Drs Sukirman (Bupati ke-19) dan Drs. Sutarno (Bupati ke-18). “Ini baru akan kita lakukan tahun depan. Kita inventarisir dulu. Termasuk para mantan ketua DPRD. Tahun lalu sudah kita mulai ziarah ke Makan Almarhum Karsono dan Almarhum Saliman,” jelas Heru.

Ketua Yayasan Arsakusuma Drs H Slamet Sudiro MM menuturkan, mantan Bupati yang dimakamkan di Arsantaka adalah para Bupati dari trah Arsakusuma. Dia menjelaskan, Ki Arsantaka merupakan cikal Bakal lahirnya Kabupaten Purbalingga sekaligus cikal bakal Bupati-Bupati di Purbalingga. “Tempat ini adalah peristirahatan terakhir Eyang Arsantaka dan puteranya yang ke-3 yakni Eyang Dipoyudo III Bupati pertama Purbalingga,” jelas Slamet Sudiro.

Slamet Sudiro merinci, mantan bupati lainnya yang dimakamkan di Makam Arsantaka adalah Dipokusumo I sebagai Bupati Purbalingga ke-2, dan RMT Broto Sudiro (Bupati ke-3). Sedangkan adik kandung RMT Broto Sudiro yakni RMTA Dipokusumo II (Bupati ke-4) dimakamkan di Pesarean Giri Cendana Kajongan.

“Buyut dari RMTA Dipokusumo II, yakni Eyang DR R Goeteng Taroenodibroto seorang dokter jawa Bumi Putera kelas I. Makamnya berada di timur gedung makam Ki Arsantaka. Saat ini namanya diabadikan sebagai nama Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD),” katanya.

Selain di Makam Arsantaka, ziarah juga dilaksanakan di Makam Giri Cendana Kajongan. Di tempat ini terdapat pesarean Bupati ke IV yakni Dipokusumo II, Bupati ke-5 (Dipokusumo III), Bupati ke-6 (Dipokusumo IV) dan Bupati ke-7 (Dipokusumo V). Diluar komplek makam juga terdapat makam Bupati ke-8 Dipokusumo VI dan Bupati ke-9 RMAA Sugondho.

Usai sholat Jum’at, kegiatan ziarah dilanjutkan ke Makam mantan ketua DPRD yakni Letkol Purn. Karsono di Taman Makam Pahlawan Purbosaroyo, Saliman di pemakaman Kelurahan Wirasana Kecamatan Purbalingga dan Soemeri mantan anggota DPRD yang dimakamkan di Makam Cikalong Desa Jatisaba Purbalingga. (BNC/her)

Tentang Penulis

Leave A Response