Kades minimal berijazah SMA/sederajat

Ditulis 02 Des 2011 - 06:30 oleh Banyumas1

PURWOKERTO – Seiring dengan kemajuan masyarakat dari berbagai segi, maka pejabat di tingkat desa pun harus diisi oleh mereka yang memiliki kompetensi, salah satunya bisa dilihat dari latar belakang pendidikan. Ke depan di Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah, untuk menjadi kepala desa (Kades), syarat pendidikan minimal adalah berijazah SMA.

Menurut UU No 72 tahun 1999 memang hanya mensyaratkan ijazah SMP bagi calon kades yang ingin mendaftar untuk pemilihan kades. Namun menurut Wahyu A Febrianto, Kasubbag Pemerintahan Desa Setda Banyumas, syarat lulusan SMA untuk calon kades sebenarnya diawali adanya aturan yang mengharuskan seluruh perangkat desa yang ada minimal berijazah SMA atau sederajat. “Kalau Kades boleh berijazah SMP, Ini namanya tidak ada peningkatan mutu intelektualitas calon kades” katanya.

Saat ini eksekutif maupun legislatif sedang membahas bersama Raperda soal Kades dan Perangkat Desa. Dalam Sidang Paripurna DPRD Banyumas, Kamis (1/12), usulan minimal ijazah SMA untuk Kades ini tidak dipermasalahkan oleh sebagian besar fraksi. Sebelumnya pembahasan hal ini diprediksi akan alot.

Mulusnya pembahasan raperda ini menjadi peringatan bagi mereka yang akan mencalonkan diri jadi Kades namun masih berijazah SMP/sederajat. Untuk lolos verifikasi pencalonan harus mengikuti lebih dulu jenjang pendidikan tingat SMA melalui program yang selama ini ada (Kejar Paket). (BNC/ist)

Tentang Penulis

1 Komentar so far. Feel free to join this conversation.

  1. Daryo 05/05/2013 pukul 15:28 -

    Menurut pendapatku bahwa untuk ijasah tidak seharusnya dipermasalahkan untuk sekarang. karena sekarang lagi musim pemilu kepala desa yang mana calonnya banyak sekali yang berpendidikan SMP atau sederajat.apabila sekarang di haruskan untuk berpendidikan minimal SMA atau sederajad menurutku sangat kurang efektif masalahnya kita mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan atau kekecewaan warga yang ingin mencalonkan diri dengan ijasah smp.bagiku ijasah bukanlah sebuah jaminan tapi kemapuanlah yang diutamakan ijasah tidak menjamin. untuk peningkatan syarat kepala desa yaitu Pendidikan minimal SMA sebaiknya dilaksanakan setelah Pemilu Kepala Desa Kabupaten Banyumas Selesai. maksud kami untuk pemilu mendatang setelah semua selesai diseluruh daerah Banyumas. kita memberikan kesempatan kepada masyarakat yang ingin sekali menjadi kepala desa dengan ijasah minimal SMP atau sederajat. kita kembalikan kepada dirikita sendiri apabila kita bernasib demikian padahal kita sangat mengharapkan,itulah yang perlu dipertimbangkan. kita itu hidup dari rakyat. Dan yang terpenting bagiku utamakan dan dengar keluhan rakyat,aku setuju apabila peningkatan pendidikan dilaksanakan setelah periode ini,selesaikan dulu pilkades seluruh wilayah kabupaten Banyumas.
    untuk menghindari juga taktik curang,keributan (Tukang judi atau yang lain) sebaiknya dilaksanakan secara bersama untuk wilayah yang belum.
    satukali lagi tunda peningkatan pendidikan minimal SMA sebelum Pilkada Seluruh wilayah kabupaten Banyumas Selesai. itu akan menjadi enak di Masyarakat dan tanpa ada kecewa karena kedepannya ada kesempatan untuk bersekolah terlebih dahulu
    trimakasih.

Leave A Response