Bupati Purbalingga akan Serahkan Sertifikat HAT

Ditulis 28 Nov 2011 - 19:40 oleh Banyumas1

PURBALINGGA (BNC) – Bupati Purbalingga Drs H Heru Sudjatmoko MSi rencananya akan menyerahkan sertifikat hak atas tanah (HAT) secara massal melalui Program Proyek Nasional Agraria (Prona) di Balai Desa Panusupan Kecamatan Rembang, Selasa (29/11).

Selain Prona, sertifikasi tanah massal ini juga terlayani melalui program-program Kantor Pertanahan lainnya, seperti Redistribusi Tanah, Konsolidasi Tanah, Fasilitasi Usaha Menengah Kecil (UMK) dan Masyarakat Berpenghasilan Rendah (MBR) serta Inventarisasi Penguasaan, Pemilikan, Penggunaan, dan Pemanfaatan Tanah (IP4T).

Menurut Kepala Bagian Tata Pemerintahan Setda Purbalingga Drs Imam Hadi MSi, Prona prinsipnya pendaftaran tanah untuk penertiban sertifikat hak atas tanah terutama bagi masyarakat golongan ekonomi lemah sampai menengah yang berada di desa miskin atau tertinggal, daerah penyangga kota, daerah miskin kota, pertanian subur serta daerah pengembangan ekonomi rakyat.

“Tujuan pendaftaran tanah terutama untuk memberikan kepastian dan perlindungan hukum kepada pemegang hak atas suatu bidang tanah agar dengan mudah dapat membuktikan dirinya sebagai pemegang hak yang dimaksud,” jelasnya.

Dengan sertifikasi tanah, kata dia, pihak-pihak yang berkepentingan termasuk pemerintah dapat dengan mudah memperoleh data yang diperlukan, disamping untuk terselenggaranya tertib administrasi pertanahan.

Imam menambahkan, tahun 2011 Program Prona mencakup obyek kegiatan sebanyak 2.000 bidang tanah yang tersebar di 18 desa di wilayah Kabupaten Purbalingga. Program Konsolidasi mencakup 100 bidang tanah, Fasilitasi UMK dan MBR masing-masing 200 bidang tanah dan 150 bidang tenah, berikut Program Sertifikasi Sertipikat Massal (SSM).

“Untuk Program Redistribusi Tanah, ada sebanyak total 800 bidang tanah dan 300 bidang di antaranya di Desa Panusupan Rembang,” jelasnya.

Hingga saat ini, Pemkab Purbalingga telah menyelesaikan secara paripurna 250 sertipikat tanah. Pada tahap awal telah diserahkan kepada pemohon sebanyak 150 sertipikat di Desa Kutawis Kecamatan Bukateja 21 Oktober lalu. Sisa sertipikat. Kata dia, akan diselesaikan dan diserahkan kepada pemohon sebelum akhir tahun anggaran 2011, sesuai jadwal dan kapasitas personil Kantor Pertanahan.

“Selain 300 sertipikat untuk pemilik hak atas tanah di Desa Panusupan, Kantor Pertanahan juga akan menyerahkan 100 sertipikat tanah Prona di Desa Kebutuh Bukateja,” imbuhnya. (BNC/cie)

Tentang Penulis

Leave A Response