Kemangkon dan Kalibagor akan terhubung jembatan ‘Linggamas’

Ditulis 26 Nov 2011 - 06:45 oleh Banyumas1

PURBALINGGA – Kabar baik untuk masyarakat yang tinggal di Kemangkon dan Kalibagor yang selama ini akses antar kedua kecamatan tersebut terhalang sungai. Pasalnya Pemerintah Kabupaten Purbalingga dan Banyumas, segera membangun jembatan penghubung Desa Kedungbenda, Kecamatan Kemangkon, Purbalingga, dengan Desa Petir, Kecamatan Kalibagor, Banyumas, pada 2012.
Jika jembatan ini dapat diwujudkan, akses jalan dari Purwokerto (Banyumas) menuju Kemangkon (Purbalingga) dan sebaliknya akan semakin singkat. Selain itu bisa menjadi jalur alternatif Purwokerto-Wonosobo- Semarang.

Selain itu, jalur ini nantinya dapat menjadi jalan alternatif bagi kendaraan yang hendak menuju wilayah Banjarnegara hingga Wonosobo dan Semarang. Menurut Kepala Bagian Pembangunan Sekretariat Daerah Purbalingga, Suroto, di Purbalingga, Jumat (25/11) Jembatan yang akan diberi nama `Linggamas` didanai oleh dua kabupaten, Purbalingga dan Banyumas, masing-masing mengalokasikan anggaran Rp7,5 miliar yang bersumber dari APBD 2012. Secara keseluruhan dana yang dibutuhkan untuk membangun jembatan tersebut diperkirakan mencapai Rp20 miliar, kekurangannya akan dimintakan kepada Pemerintah Provinsi Jawa Tengah.

Pejabat Pembuat Komitmen Dinas Pekerjaan Umum (DPU) Purbalingga Cahyo Rudianto mengatakan, rencana pembangunan jembatan tersebut saat ini memasuki tahap penyelesaian “Detail Enginering Design (DED)” yang dikerjakan CV Kubang Enginering Consultan Semarang. (BNC/Ist)

Tentang Penulis

1 Komentar so far. Feel free to join this conversation.

  1. nur khasanah 09/01/2012 pukul 19:38 -

    wahh. . kabar bagus. saya berharap supaya bisa terwujud dg cepat. .

Leave A Response