Digerogoti Tumor, Afri 70 hari tidak makan

Ditulis 29 Jul 2009 - 17:56 oleh Banyumas1

MASIH ingat berita Afri Kurniasih (8,5) warga RT 2 RW 3, Desa Bojong (Mrebet) yang menderita Tumor Humeri Dis B. Usai mendapatkan pengobatan yaitu merelakan tangan kanannya diamputasi akhir Maret lalu, saat ini kondisinya justru semakin memburuk. Tumornya dikabarkan menyerang ke bagian mulut dan mata serta mukanya. Afri kini benar-benar mengharap uluran tangan dermawan untuk membantnya.

Akibat derita itu, Afri tidak bisa makan dan hanya minum. Kondisi itu sudah berjalan sekitar 70 hari sejak tumor ganas itu kembali menjalar. Padahal keinginan untuk makan selalu dilontarkan gadis kelas 2 SD itu kepada orang tuanya. Namun nyatanya mulutnya hanya bisa untuk meminum teguk demi teguk air saja.

Saat ditemui banyumasnews.com, Rabu (29/07) Samyono (45) kakek Afri mengatakan, sekitar akhir Maret tangan cucunya diamputasi di RS Margono Sukarjo, Purwokerto. Usai amputasi hampir dua bulan kondisinya membaik. Bahkan ketika dikunjungi wartawan dari beberapa media juga mengatakan sudah mau sekolah lagi.

“Tidak lama setelah itu kondisinya berubah total. Mulut dan rongga serta mata membengkak serta tidak bisa untuk menelan dan kabur saat melihat. Keluarga bermaksud menggunakan Jamkesmas untuk berobat kembali, namun karena ketiadaan biaya, kami bawa pulang dan dirawat hingga sekarang,” papar Samyono.

Ditambahkan Samyono, menurut dokter tumor yang dulu menjalar kembali. Kebagian mulut dan mata serta mengakibatkan susah menelan. Keluarga sangat mengharapkan uluran tangan dermawan untuk meringankan atau bahkan membantu biaya pengobatan Afri. “Orang tua hanya bekerja sebagai penderes, dan kami juga dari keluarga tidak mampu,” imbuhnya.

Ayah Afri, Rumedi (31) mengungkapkan awal mula anaknya menderita tumor itu, sekitar Oktober 2008 lalu Afri mengeluh ada benjolan di sekitar siku dengan ukuran kecil. Pihak keluarga membawa ke pengobatan tradisional dan diurut (pijat). Hasilnya memang sembuh, namun tidak sampai satu bulan benjolan itu kembali tumbuh dan terasa sakit.

Kemudian pada awal Januari 2009 keluarga berinisiatif periksa ke RSUD Banyumas. Penanganan dilakukan dokter dengan sedikit melakukan pembedahan, namun usai berobat, kesembuhan masih minim. Bahkan ada semacam pembengkakan yang akhirnya pecah.

Pihak RSUD Banyumas, menyarankan anaknya berobat ke Rumah Sakit Margono Sukaryo (RSMS) Purwokerto untuk cek darah dan lainnya. Hasil dari pemeriksaan tim dokter Patologi di dapatkan tumor Humeri itu.

“Dokter juga menyarankan untuk diamputasi. Namun kami keluarga belum siap. Selain biaya, keluarga belum siap mental menghadapinya,” ujar Rumedi, kemarin. Kerena itu keluarga berharap ada dermawan yang bisa membantu kesulitan tersebut Kanker (1)Afri1(banyumasnews.com/pbg)

Tentang Penulis

& Komentar so far. Feel free to join this conversation.

  1. lea 24/12/2009 pukul 15:40 -

    Ya Tuhan…!! Afri sayang ga usah sedih ya…kakak berdoa untuk kesembuhan kamu..jalani cobaan ini dengan penuh ucapan syukur ya…..

  2. manan 24/12/2009 pukul 00:29 -

    tuhan berikanlah kekuatan untuk ad ,afiri tuhan karna aku percaya hany aengkau yaNG MENAKDIRKAN memberikan kesembuhan baginya

  3. irwan 17/12/2009 pukul 22:36 -

    Subahan Allah,, Afri, kamu yang sabar ya,, Allah pasti akan menyembuhkan penyakit yang kamu derita sekarang ini,, percayalah sayang kami mendoakan kamu sekeluarga,,,,agar tabah dan menerima kenyataan. Wass

  4. Fyfy 27/11/2009 pukul 19:04 -

    afri…………..cepet sembuh ya………….
    yakinlah………..Alloh ga akan kasih cobaan yang ga bisa Qt sanggupi………
    tetep smangat y…………..
    dan jangan pernah putus berdoa y sayang……….
    bismillah……….

  5. Wia 28/09/2009 pukul 13:21 -

    Dimanakah kami bisa menemui keluarga afri ? alamatnya yg jelas agar kami dapat ikut membantu kesembuhan afri

  6. raissa 28/09/2009 pukul 09:25 -

    Subhanallah……saya ga tega melihat penderitaan dari ade afri..saya sedih sekali melihatnya.saya jd ikut merasakan apa yg di derita afri.Pasti sakit sekali ya,sayang?Semoga Allah memberi kekuatan,kesabarn&kesembuhan buat afri.smoga Allah memberi jalan keluar yg terbaik dari penyakit yg diderita afri.Percayalah,setelah kesulitan pasti ada kemudahn…Allah bersama afri!!amin..

  7. agus 26/09/2009 pukul 21:38 -

    Gusti Allah, kenang apa aweh cobaan sing abote kaya kiye?!

Leave A Response