Purbalingga segera miliki SMK Duafa

Ditulis 22 Nov 2011 - 05:16 oleh Banyumas1

PURBALINGGA – Upaya Pemerintah Kabupaten Purbalingga, Jawa Tengah, memajukan pendidikan rakyat miskin kian gencar saja. Dalam waktu dekat segera membuka sekolah gratis bagi warga miskin berupa Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Duafa pada tahun ajaran 2012/2013.

“Insya Allah, bulan Mei 2012 penerimaan calon siswa sudah dapat dimulai,” kata Bupati Purbalingga Heru Sudjatmoko saat memberi sambutan dalam Diskusi Panel “Mewujudkan Generasi yang Kuat dan Bermartabat Melalui Implementasi Keteladanan”, di Pendopo Dipokusumo Kabupaten Purbalingga, Senin.

Menurut dia, sekolah gratis yang dibangun Pemkab Purbalingga ini akan menerima siswa dari keluarga miskin yang tersebar di seluruh kecamatan se-Purbalingga.

Dalam hal ini, kata dia, seleksi akan dilakukan di setiap kecamatan mulai bulan Mei 2012 atau menjelang tahun ajaran baru.

“Untuk tahap awal, kami akan membuka dua rombongan belajar, masing-masing sebanyak 40 siswa dari keluarga miskin se-Kabupaten Purbalingga, sehingga tidak menutup kemungkinan jumlah siswa dari setiap kecamatan tersebut berbeda. Mereka nantinya akan diasramakan,” katanya.

Ia mengatakan, dana pembangunan SMK Duafa ini senilai Rp5,7 miliar yang dialokasikan dari Dana Insentif Daerah (DID) Tahun 2011 Kabupaten Purbalingga sebesar Rp20,7 miliar.

“Purbalingga pada tahun 2012 akan mendapat DID sebesar Rp21 miliar,” katanya.

Terkait pembangunan SMK Duafa tersebut, Bupati mengatakan, pihaknya berharap anak-anak dari keluarga miskin dapat mengenyam pendidikan yang lebih tinggi dan memiliki keterampilan sehingga akan mampu memutus rantai kemiskinan.

Informasi yang dihimpun ANTARA, SMK Duafa ini berlokasi di Kelurahan Purbalingga Kulon, Kecamatan Purbalingga, yang berada satu kompleks dengan Balai Latihan Kerja (BLK) Dinas Sosial Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kabupaten Purbalingga.

Dengan demikian, para siswa SMK Duafa nantinya bisa praktik di BLK dan pengelola sekolah juga dapat menjalin kerja sama dengan berbagai perusahaan yang ada di Purbalingga. (Ant/Ist)

Tentang Penulis

Leave A Response