Jalur ganda KA Purwokerto-Prupuk pangkas 15 menit perjalanan

Ditulis 14 Nov 2011 - 22:15 oleh Banyumas1

PURWOKERTO – Pengoperasian jalur ganda kereta api (KA) koridor Kretek-Bumiayu-Linggapura-Prupuk yang akan dimulai 1 Desember 2011 akan menjadian KA lintas Purwokerto-Prupuk sepanjang 56 kilometer secara keseluruhan sudah menggunakan jalur ganda.

Menurut Manajer Humas PT KAI Daerah Operasi 5 Purwokerto Surono, pengoperasian jalur ganda itu akan dapat memangkas waktu tempuh perjalanan kereta api di lintas tersebut sebanyak 15 menit, karena sudah tidak perlu lagi ada persilangan KA dari arah barat (Jakarta) dan timur (Purwokerto).

Dioperasikannya jalur ganda tersebut menyusul selesainya jembatan baru Sakalibel di Kilometer 313+434 antara Bumiayu-Kretek, Kabupaten Brebes, yang telah selesai dikerjakan.

Ia mengatakan, jembatan baru Sakalibel sepanjang 280 meter dibangun menggunakan konstruksi beton dengan sistem “balanced cantilever” (penopang keseimbangan). Jembatan itu diuji coba 8 November 2011 dan akan dioperasikan untuk perjalanan kereta api mulai 1 Desember 2011 bersamaan dengan dioperasikannya jalur ganda petak jalan Bumiayu-Kretek sepanjang 6,7 kilometer.

Meskipun demikian, katanya, petak jalan Bumiayu-Linggapura-Prupuk sepanjang 18,6 kilometer akan mulai dioperasikan 29 November 2011.

“Pengoperasian jalur ganda Bumiayu-Linggapura-Prupuk yang semula direncanakan mulai 27 September 2011, terpaksa diundur hingga 29 Nopember 2011 karena ada beberapa titik yang masih perlu disempurnakan,” katanya.

Jalur ganda Purwokerto-Prupuk merupakan bagian dari proyek Jalur Ganda Cirebon-Kroya (segmen II) yang ditangani oleh Satuan Kerja (Satker) Jalur Ganda Cirebon-Kroya (Cikro).

Segmen I antara Cirebon-Prupuk sepanjang 74,7 kilometer sedang dalam pengerjaan, sedangkan segmen III antara Purwokerto-Kroya (27,1 kilometer) akan dikerjakan pada 2012. (BNC/ist)

Tentang Penulis

Leave A Response