PGRI Rambah Ekonomi Produktif

Ditulis 31 Okt 2011 - 22:01 oleh Banyumas1

PURBALINGGA (BNC) – Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) Purbalingga mulai merambah ekonomi produktif. Setelah merenovasi Hotel Kencana, perencanaan pendirian Bank Guru semakin mendekati realisasi.

Ketua PGRI Purbalingga Iskak, S.Pd, M.Pd mengatakan pihaknya ingin mengubah paradigma berpikir para guru yang semula bersifat sangat konsumtif menjadi lebih produktif. Semua itu diarahkan untuk meningkatkan kesejahteraan guru yang menjadi anggota PGRI.

“Ya memang dengan adanya sertifikasi, kesejahteraan guru meningkat sangat baik. Tapi disamping itu, ternyata guru juga sangat konsumtif. Penghasilannya yang mulai meningkat itu hanya untuk membelanjakan barang-barang komsumtif,” terangnya, Selasa (25/10).

Pendirian Bank Guru di Purbalingga masih menunggu berdirinya Bank Guru di Provinsi Jawa Tengah yang kelak akan menjadi induk dari Bank-bank Guru di Kabupaten/Kota se-Jawa Tengah. Meskipun namanya Bank Guru, bukan berarti bank ini khusus melayani guru.

”Bank ini juga dibuka untuk umum. Tapi prioritas memang untuk guru, termasuk guru wiyata bhakti yang menjadi anggota PGRI. Keuntungan dari Bank Guru ini akan disharing masuk ke kas PGRI,” jelasnya.

Selain itu, sertifikasi juga memberikan tantangan berat bagi PGRI sebagai organisasi profesi guru. Saat ini PGRI tengah berupaya meningkatkan profesionalisme guru agar berbanding lurus dengan sertifikat yang diterima.

”Profesionalisme guru semakin besar tuntutannya karena adanya sertifikasi. Ini terkait erat dengan mutu pendidikan. Indiktornya ya output siswanya,” jelas Iskak.

Menurut Iskak, kesejahteraan guru yang membaik seharusnya membuat guru makin konsentrasi meningkatkan kapabilitas dan kompetensinya sehingga mampu bekerja secara profesional untuk meningkatkan kualitas pendidikan. Pasalnya, masyarakat semakin cerdas dan terus menuntut kiprah nyata para guru sertifikasi.

Hari Guru

Salah satu upaya PGRI meningkatkan profesionalisme guru diantaranya dengan sering mengadakan kegiatan yang mencerdaskan, seperti seminar pendidikan, lomba-lomba ilmiah dll. Memperingati Hari Guru Tahun 2011 dan HUT PGRI ke-66, PGRI Kabupaten Purbalingga akan menggelar Seminar Nasional ”Psikologi Pendidikan” di Hotel Kencana 9 November mendatang dan Lomba Karya Ilmiah bagi Guru PAUD hingga Sekolah Menengah yang akan ditutup 19 November 2011.

Selain kegiatan yang mencerdaskan, Peringatan Hari Guru Tahun ini juga akan dimeriahkan dengan berbagai lomba dengan sasaran guru PAUD hingga Sekolah Menengah, seperti Lomba Menyanyi Trio (11-12 November), Pertandingan Tenis Meja (14-15 November), dan mengikuti Pekan Seni se-Jawa Tengah. Ada juga kegiatan jalan sehat, bakti sosial dan ziarah ke makam tokoh pendidikan Prof Soegarda Purbakawatja.

”Puncak seluruh kegiatan memperingati Hari Guru, akan dilaksanakan Upacara di Alun-alun Jumat 25 November 2011. Tidak seperti tahun lalu, kali ini upacara Hari Guru dan HUT PGRI tidak digabung dengan Upacara HUT KORPRI seperti biasanya,” jelasnya. (BNC/cie)

Tentang Penulis

Leave A Response