Bupati Heru: Moralitas Generasi Muda Memprihatinkan

PURBALINGGA (BNC) – Bupati Purbalingga Drs H Heru Sudjatmoko, M.Si menyatakan keprihatinannya atas menurunnya moralitas generasi muda. Selain moralitas, persoalan lain yang dihadapi generasi muda antara lain tingginya angka putus sekolah, sulitnya mendapatkan pekerjaan, kriminalitas, rendahnya rasa hormat kaum muda kepaa orang tua dan guru dan perubahan gaya hidup yang menjurus pada perilaku tidak sehat.

“Keprihatinan lain yang harus menjadi perhatian kita bersama yakni menyangkut perilaku merokok pada usia muda, makin tingginya konsumsi narkoba serta makin meningkatnya pergaulan bebas,” kata Bupati Heru Sudjatmoko, selaku Ketua Majelis Pembimbing Cabang Gerakan Pramuka Kwarcab Purbalingga pada peringatan hari pramuka ke-50 di alun-alun setempat, Sabtu (22/10).

Menurut Heru, gerakan pramuka yang merupakan salah satu pilar pendidikan kaum muda, dituntut untuk lebih berkontribusi secara nyata dalam menyelesaikan masalah kaum muda. “Posisi gerakan pramuka sebagai lembaga pendidikan non formal sangat penting, karena mampu membentuk karakter kaum muda, menanamkan semangat kebangsaan, dan meningkatkan ketrampilan generasi muda,” kata Heru.

Heru juga berharap, sekolah dan komite sekolah agar berperan aktif mendukung gugus depan gerakan pramuka di sekolah. Selain itu, perangkat desa dan jajarannya dapat mendukung gugus depan berbasis komunitas. “Pemerintah sebagaimana diamanatkan dalam UU Nomor 12 tahun 2010 tentang Gerakan Pramuka, perlu mendukung ketersedian tenaga, dana dan fasilitas yang diperlukan untuk pendidikan kepramukaan,” kata Heru.

Kwaran Tergiat

Dalam peringatan tersebut, Heru Sudjatmoko juga memberikan penghargaan kepada Kwartir Ranting Tergiat pada lomba Kwaran dan estafet tunas kelapa. Selain itu juga melepas kontingen pramuka penegak yang akan mengikuti perkemahan Wira Karya Daerah ke-VI di Kabupaten Purworejo, Minggu 23 Oktober 2011 hingga 29 Oktober 2011.

Untuk Kwaran Tergiat pada lomba Kwaran secara berurutan diraih Kwaran Rembang, Karanganyar, Bojongsari, Bobotsari, Kaligondang dan Kwaran Bukateja. Sedang Kwaran tergiat untuk estafet tunas kelapa diraih Padamara, Bukateja, Kemangkon, dan Kalimanah.

Penghargaan Kwarnas dan Kwarda

Bupati Heru juga menyematkan lencana Melati, Dharma Bhakti dan Panca Warsa kepada sejumlah pembina pramuka yang meraih penghargaan dari Kwarnas dan Kwarda Jateng. (BNC/tgr)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.