17 Perusahaan Lokal Ramaikan Job Fair

PURBALINGGA (BNC) – Sebanyak 17 perusahaan lokal ikut meramaikan bursa kerja (Job Fair) yang diselenggarakan di halaman Dinas Sosial Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Dinsosnakertrans) selama dua hari, 18-19 Oktober 2011. Dari 17 perusahaan itu, 15 diantaranya bertempat di Purbalingga.

“Perusahaan asal Purbalingga yang ikut sebagian besar memang dari perusahaan hair industy. Tapi, kami sebenarnya sudah berusaha menjalin kerjasama dnegan perusahaan-perusahaan di Jogja, Semarang hingga Jakarta,” jelas Kepala Dinsosnakertrans, Ngudiarto SH usai membacakan laporan kegiatan di depan Wakil Bupati Drs H Sukento Ridho Marhaendrianto MM, dan ratusan pencari kerja, dalam Pembukaan Job Fair 2011, Selasa (18/10).

Ngudiarto menambahkan, semula pihaknya mau menyelenggarakan Job Fair Akbar yang mengambil lokasi di Alun-alun. Sayangnya, dana dari APBN belum jelas kapan turunnya. Khawatir penyelenggaraan terlalu mepet pergantian tahun anggaran, pihaknya memilih menggunakan alokasi dari APBD Kabupaten Purbalingga yang sangat terbatas untuk tetap merealisasikan penyelenggaraan Job Fair tahun ini.

“Rencana semula memang ingin yang akbar, dengan diramaikan perusahaan-perusahaan bonafid skala nasional bahkan internasional. Tapi karena dana APBN belum jelas kapan cairnya, kami tidak mau ambil resiko, jadi tetap kami selenggarakan meskipun tarafnya lokal,’ jelasnya.

Untuk menyelenggarakan Job Fair Akbar, kata dia, membutuhkan dana hingga Rp 200 juta yang berasal dari sharing APBN dengan APBD Kab Purbalingga. Sementara untuk penyelenggaraan skala lokal seperti yang tengah dilaksanakan, hanya membutuhkan dana Rp 19 juta.

Baru 28% Tersalurkan

Ngudiarto menyampaikan, Job Fair ini menjadi kegiatan rutin yang diselenggarakan setahun sekali. Tujuannya tentu saja untuk mengatasi masalah pengangguran di Kabupaten Purbalingga.

Dalam catatannya, jumlah pencari kerja Purbalingga tahun 2011 sampai dengan 12 Oktober lalu, mencapai 8.091 orang. Dari jumlah sebanyak itu, baru tersalurkan 2.280 orang atau 28%-nya saja, yang terdiri dari Antar Kerja Lokal (AKL) sebanyak 2.015 orang, Antar Kerja Antar Daerah (AKAD) sebanyak 189 orang dan Antar Kerja Antar Negara (AKAN) sebanyak 92 orang. (BNC/cie)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*