TMMD Sengkuyung II Di Tamansari

Ditulis 11 Okt 2011 - 10:55 oleh Banyumas1

PURBALINGGA – Setelah pada semester awal lalu bertempat di Desa Slinga Kecamatan Kaligondang, pada semester kedua tahun ini TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) Sengkuyung II menjadi berkah bagi warga Desa Tamansari Kecamatan Karangmoncol. Kegiatan rutin yang diprakarsai Kodim Kabupaten Purbalingga, dilaksanakan 10 – 30 Oktober 2011.

“Ciri khas sengkuyung itu karena adanya keterpaduan TNI dengan masyarakat dalam membangun desa. Kegiatan ini disusun ‘bottom up’, mulai dari musyawarah desa, kabupaten hingga ditetapkan menjadi program TNI,” ujar Wakil Bupati Drs H Sukento Ridho Marhaendrianto saat membacakan Sambutan Bupati pada Rapat Koordinasi TMMD Sengkuyung II Kab Purbalingga Tahun 2011 di Ruang Ardi Lawet Setda, Selasa (4/10).

Selain TNI, TMMD juga melibatkan Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) di lingkungan Pemkab Purbalingga. Keterlibatan SKPD disesuaikan dengan tupoksinya masing-masing. Sebagai contoh SKPD yang menangani pemberdayaan masyarakat desa, diharapkan mampu menyelenggarakan kegiatan yang bermanfaat bagi masyarakat terutama untuk memberdayakan perekonomian mereka.

“Yang tidak bosan-bosannya saya tekankan, mohon untuk semua hasil fisik pembangunan dalam TMMD, dipeliharalah…dirawatlah sebaik-baiknya, sehingga manfaatnya dapat dirasakan oleh masyarakat lebih lama,” tuturnya.

Sementara itu, Komandan Kodim 0702 Letkol Arm Jati Bambang Priambodo SIP mengatakan pihaknya telah menyiapkan personil, materi dan semua keperluan untuk kesuksesan kegiatan rutin. Purbalingga dan kabupaten lain di Jawa Tengah terbukti paling sukses menyelenggarakan TMMD. Menurut Jati, hal ini menunjukkan masih adanya semangat gotong-royong di masyarakat Jateng, termasuk diantaranya Purbalingga. (BNC/cie)

Tentang Penulis

Leave A Response