Persempit Kesenjangan Digital, Purbalingga Terima 4 Unit M-Plik

Ditulis 19 Sep 2011 - 20:37 oleh Banyumas1

PURBALINGGA (BNC)– Pemkab Purbalingga menerima bantuan empat unit Mobil Pusat Layanan Internet Kecamatan (M-PLIK). Bantuan berasal dari Balai Penyedia dan Pengelola Pembiayaan Telekomunikasi dan Informatika (BP3TI), Kementerian Komunikasi dan Informatika. M-PLIK merupakan program yang bernilai strategis di bidang telekomunikasi yang bertujuan mempersempit kesenjangan digital melalui pemerataan informasi dan penyediaan akses teknologi informasi serta mempercepat akselerasi pembangunan.

“M-PLIK merupakan program Universal Service Obligation (USO) Pusat Layanan Internet Kecamatan yang bersifat mobile untuk akses internet yang sehat, aman, capat, dan murah. Tujuan diberikan layanan ini adalah untuk melayani daerah-daerah kecamatan yang belum terjangkau akses informasi dan internet,” kata Kepala Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika (Dinhubkominfo) Kabupaten Purbalingga, Drs Yonathan Eko Nugroho, M.Hum, Sabtu (17/9) disela-sela pengecekan mobil unit M-Plik.

Dikatakan Yonathan, operasional M-Plik untuk empat tahun kedepan masih dibiayai dari Kementerian Kominfo melalui pihak ketiga yang telah ditunjuk. Untuk Purbalingga melalui PT Jogja Digital. Setiap satu unit mobil dilengkapi dengan enam unit laptop yang terkoneksi internet, televisi dan peraltan pendukung lainnya. Satu unit mobil dioperasikan oleh dua orang, yang masing-masing seorang sebagai sopir dan seorang lagi sebagai operator.

“Nantinya, mobil M-Plik akan kami jadwalkan keliling di seluruh wilayah kecamatan di Purbalingga yang dinilai jauh dari akses internet,” kata Yonathan. (BNC/tgr/cie)

Tentang Penulis

Leave A Response