Bupati – Wabup Monitoring Kesiapan Lebaran

Ditulis 27 Agu 2011 - 21:04 oleh Banyumas1

PURBALINGGA (BNC) – Bupati Purbalingga Drs H Heru Sudjatmoko M.Si dan Wabup Drs H Sukento Ridho Marhaendrianto MM melakukan monitoring kesiapan lebaran. Bupati didampingi Ketua DPRD, Kapolres, Komandan Batalyon 406/CK, Kajari, Sekda dan sejumlah kepala SKPD melakukan pemantauan jalur strategis alternative mudik dan jalan antar kecamatan. Sementara Wabup bersama Dandim 0702, Danlanud, dan Ketua Pengadilan Negeri, meninjau pasar Segamas, pasar Bukateja dan Bobotsari. Wabup juga memantau Pospam Bukateja dan Bayeman.

Kabag Humas Setda Purbalingga Drs Rusmo Purnomo menuturkan, kegiatan pemantauan yang dilakuakn Bupati dan Wabup untuk mengecek kesiapan sejumlah fasilitas dan infrastruktur mudik lebaran di Purbalingga. Seperti kesiapan pospam, pos kesehatan, infrastruktur jalan dan pasar tradisional. “Pemantauan sekaligus untuk memberikan memberikan support kepada para petugas yang tergabung dalam PAM lebaran,” kata Rusmo saat mendampingi rombongan Bupati, Kamis (25/8).

Rombongan Bupati berangkat dari Pendopo Dipokusumo menuju Jetis kemudian lewat Gambarsari dan singgah di Pospam Jompo. Rombongan melanjutkan pemantauan ke Pospam Terminal Purbalingga, RSUD dr. Goeteng Tarunadibrata, Pospam Terminal Bobotsari kemudian melintas jalur timur Purbalingga hingga ke wilayah kecamatan Kemangkon. Di RSUD dr. Goeteng, Bupati diterima direktur RSUD, dr. Nonot Mulyono M.Kes di pintu depan rumah sakit. Bupati Heru bersama rombongan mendapat penjelasan kesiapan RSUD selama masa lebaran.

“Selama masa lebaran kami tetap memberikan pelayanan kepada para pasien baik pelayanan IGD, rawat inap maupun rawat jalan. Bahkan untuk pelayanan poli tetap kami buka. Kecuali saat dua hari lebaran atau tanggal merah kami tidak membuka pelayanan poli,” terang Nonot.

Selain mengecek kesiapan sarana prasarana mudik lebaran, Bupati juga menyambangi sejumlah kecamatan yang dilalui rombongan. Diantaranya di kecamatan Karanganyar, Kertanegara, Karangmoncol, Rembang dan Kejobong. Di Kecamatan Karanganyar, Bupati hanya mampir untuk mengecek kesiapan jajaran pimpinan wilayah. Kepada camat Bambang Wijonarko, Bupati kembali menegaskan agar para camat standby di tempat selama masa lebaran. “Saya memang sengaja meminta camat untuk menemani polisi selama yang tetap bertugas selama lebaran,” kata Heru kepada Kapolres AKBP Drs Roy Hardi Siahaan.

Disela-sela monitoring, Kapolres menuturkan, dalam pelaksanaan Operasi Ketupat Lebaran, pihaknya memprioritaskan pengamanan di kawasan terminal dan pemukiman penduduk. Pemukiman penduduk, lanjut Roy sering menjadi sasaran tindak kejahatan, karena ditinggal untuk mudik dan beribadah saat idul fitri. Petugas juga ditempatkan untuk mengamankan pusat keramaian dan perbelanjaan. Kapolres mengingatkan warga untuk tetap waspada dan hati-hati. Kelengahan masyarakat saat di tempat keramaian dan pusat perbelanjaan dapat dimanfaatkan oknum yang tidak bertanggungjawab.

“Masyarakat harus berhati-hati. Terutama pada modus pembiusan dan pencopetan. Terutama bagi pemudik. Jangan menerima makanan atau minuman dari orang yang tidak dikenal. Ini semua untuk menghindari hal-hal yang tak diinginkan,” tandas Roy.

Untuk membantu membantu pemudik dan warga masyarakat yang melaksanakan lebaran, Polres bersama sejumlah insatansi terkait telah membuka 6 Pos Pengamanan Lebaran. Yakni Pospam Jompo, Terminal Purbalingga, Bukateja, Bobotsari, Bayeman dan Alun-Alun. Untuk pengamanan lebaran, polres menurunkan 269 personil. Mereka disebar baik di wilayah kota sampai di pedesaan.

Berdasarkan hasil pemantauan, sejumlah jalur jalan tembus lingkar timur wilayah Purbalingga masih memprihatinkan. Kerusakan jalan masih terlihat di wilayah desa Tajug (Kejobong), Rajawana, Rembang, depan kecamatan Kejobong dan perbatasan Pangempon – Kejobong. (BNC/har)

Ket Photo :
1. Bupati Pantau Pospam Terminal Purbalingga.
2. Bupati di Pospam Terminal Bobotsari

Trims.

Tentang Penulis

Leave A Response