Pemasangan Traffic Cone di Perlintasan KA Sumpiuh

BANYUMAS-Pintu perlintasan kereta api (KA) , di jalur selatan Jawa masih bakal menjadi penyebab kemacetan dalam arus mudik lebaran nanti. Yang paling diwaspadai adalah pintu perlintasan KA Sumpiuh, Banyumas, Jateng. Apalagi, pada masa angkutan lebaran tiba, frekuensi KA yang lewat bakal meningKAt 20% jika dibandingkan hari biasanya.

Di jalur selatan ada beberapa titik pintu perlintasan KA yang sebidang dengan jalur utama. yakni di pintu perlintasan Purwokerto, di Tambaknegara, Kecamatan Rawalo, di Jl Gerilya Barat, Purwokerto Barat, Randegan di perbatasan Banyumas-Cilacap dan pintu perlintasan KA Sumpiuh di Banyumas.

Untuk mengurangi penyumbatan arus , Kapolres Banyumas AKBPUntung Widyatmoko dan Satantas Polres Banyumas Senin (22/08) memasang sebanyak 80 barikade atau Traffic Cone disebelah barat perlintasan kereta Sumpiuh Banyumas.
“Tujuannya agar arus lalu lintas baik dari arah barat atau timur tidak saling serobot jalur sehingga kemacetan lebih parah bisa dihindarkan, “ ujar Kapolres.

Pintu perlintasan KA Sumpiuh menjadi salah satu prioritas penanganan pada masa mudik lebaran. Karena lokasi itu menjadi salah satu titik kemacetan di jalur selatan dan menjadi barometer kelancaran arus mudik secara nasional.

Di lokasi itu jika pada hari biasa, jumlah KA yang lewat sebanyak 72 KA, maka pada masa angkutan lebaran akan bertambah menjadi 95 KA. Dengan demikian, selama 24 jam akan terjadi penutupan pintu KA rata-rata sekitar 18 menit sekali.

Tak jauh dari perlintasan juga di bangun sebuah posko yang sangat representatif. di tempat ini akan ditempatkan puluhan petugas yang memantau secara terus menerus pergeraKAn arus mudik (BNC/nan).

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.