Salurkan BOS Tepat Waktu, Purbalingga Raih Penghargaan Mendiknas

Ditulis 18 Agu 2011 - 11:50 oleh Banyumas1

PURBALINGGA – Dinilai tepat waktu dalam penyaluran dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) Triwulan I hingga III, Pemerintah Kabupaten Purbalingga akan mendapat penghargaan dari Menteri Pendidikan Nasional Muhamad Nuh. Penghargaan akan diterima langsung oleh Bupati Purbalingga Drs H Heru Sudjatmoko, M.Si di Jakarta, kemarin.

Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Purbalingga Heny Ruslanto, SE mengungkapkan, keberhasilan ini karena Kabupaten Purbalingga telah berhasil menyalurkan dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) dalam jangka waktu 7 hari setelah dana BOS masuk ke rekening Kabupaten/kota.

“Selain mendapat penghargaan tersebut, Bupati Purbalingga juga diundang oleh Unit Kerja Presiden Bidang Pengendalian dan Pengawasan Pembangunan (UKP PPP), guna mempresentasikan kiat-kiat sukses penyaluran BOS tepat waktu dan tercepat dalam sebuah acara Focus Group Discusion/FGD,” kata Heny Ruslanto yang dihubungi Senin (15/8) malam.

Kriteria penilaian pemberian penghargaan BOS ini, lanjut Heny Ruslanto, dilihat dari track record penyaluran dana BOS triwulan I dan II. Jika dilihat dari hasil penyaluran dana BOS di triwulan I 2011, ada sebanyak 182 kabupaten/kota dari 497 kabupaten yang telah menyalurkan dana BOS tepat waktu, termasuk Purbalingga. “Yang pasti, Purbalingga menjadi salah satu kabupaten/kota masuk kategori yang tepat waktu dan tercepat nasional dalam penyaluran dana BOS. Dan dana BOS ini sangat dibutuhkan masyarakat untuk membantu pendidikan mencapai wajib belajar sembilan tahun,” kata Heny.

Heny menambahkan, total dana BOS se-Purbalingga tahun 2011 sebesar Rp 53.868.020.000,- yang diperuntukan untuk siswa SD sebanyak 84.560, dan SMP 35.610 siswa.

Alokasi BOS 2011 untuk jenjang SD/SDLB di kota besar sebanyak Rp 400 ribu dan kabupaten sebanyak Rp 397 ribu. Sementara alokasi untuk SMP/SMPLB/SMPT di kota Rp 575 ribu dan di kabupaten Rp 570 ribu (BNC/tgr)

Tentang Penulis

Leave A Response