Seluruh korban pabrik gula dievakuasi, kamar jenazah diwarnai tangis histeris

Ditulis 29 Jul 2009 - 13:53 oleh Banyumas1

Sekitar pukul 13.00 Rabu (20/07) siang tadi seluruh korban kecelakaan kerja di pabrik gula PT Dharmapala Usaha Sukses sudah berhasil dievakuasi . Mayat yang sebagian tubuhnya sudah remuk itu disemayamkan di ruang jenazah RSUD Cilacap.

Tak pelak,ruang jenazah dipenuhi suara tangisan keluarga yang datang menjenguk korban. Bahkan salah seorang keluarga pingsan karena tak kuat melihat mayat yang sudah terbungkus plastik tersebut.

Seperti diketahui,empat karyawan pabrik gula PT Dharmapala Usaha Sukses yang berada di komplek Tanjung Intan Cilacap Jawa Tengah yang bertugas melakukan pemberihan kritaliser atau alat pengolahan gula rasinasi,tewas tergilas di dalam mesin. Kelima karyawan sedang membersihkan kritaliser. Kelima karyawan masing masing Feri (32), Jumono (28),Sutrisno (23), Rasito (25) dan Adi Purnomo (23) seperti biasa melakukan tugasnya membersihkan alat pengolahan gula.

Dengan menggunakan alat seperti biasa, ke empat karyawan masuk kedalam ruang kritaliser. Diduga mereka melakukan pembersihan cukup lama karena terdapat kotoran yang cukup padat menempel di dinding kritaliser. Tanpa diduga alat tersebut bergerak dan berputar, bahan gula mentah langsung menimpa mereka. Sementara mesin terus berputar sehingga para karyawan ini tak sempat keluar.

Hanya Adi Purnomo yang berhasil selamat dan keluar dari ruang mesin. Sementara empat karyawan lainnya langsung terperosok dan tergilas mesin besar tersebut. Sejumlah karyawan lain berusaha menolong namun mereka tak berdaya dan hanya mampu mematikan mesin. Keempat pekerja itu tewas dengan tubuh mengenaskan remuk tergilas mesin.

Menurut salah seorang pekerja, musibah itu terjadi karena kesalahan informasi. Pada saat mereka masih diruang mesin seorang petani-tebuoperator tiba tiba menyalakan mesin, karena menduga, pekerjaan mereka telah selesai. Polisi kini memeriksa sejumlah saksi mata atas musibah tersebut. Hingga berita ini diturunkan, mayat sebagian korban masih dievakuasi, sedang korban lainnya dibawa ke kamar jenazah RSUD Cilacap. Korban luka Adi Purnomo yang menderita luka parah dilarikan ke rumah sakit yang sama (banyumasnews.com/n-1)

Tentang Penulis

Leave A Response