Tarling, Bupati Laporkan Hasil Pembangunan

Ditulis 09 Agu 2011 - 13:12 oleh Banyumas1

PURBALINGGA – Pelaksanaan tarawih keliling (Tarling) yang dilakukan Bupati Purbalingga Drs H Heru Sujatmoko M.Si dimanfaatkan untuk melaporkan hasil kinerjanya selama satu tahun kepemimpinan Heru-Kento. Kepada ratusan jamaah sholat tarawih di masjid Baiturrahman desa Karangasem Kecamatan Kertanegara, bupati menegaskan bahwa dirinya bersama jajaran pemda tidak “tidur”. Meski pada awal kepemimpinannya merupakan tahun keprihatinan, namun berkat upaya bersama, tahun ini bisa menjadi tahun “dandan-dandan”. Hal ini karena adanya tambahan penerimaan yang cukup signifikan pada APBD 2011.

APBD Purbalingga 2011 mengalami peningkatan sekitar 8,68 persen. Dari angka sekitar Rp 827 Milyar, meningkat sekitar 8,68 persen menjadi Rp 940,21 milyar. Peningkatan ini antara lain disokong oleh tambahan anggaran DPID (Dana Penyesuaian Infrastruktur Daerah) sebesar Rp 19,8 milyar, dan Dana Insentif Daerah (DID) sebesar Rp 27,79 milyar. Sehingga ada sedikitnya 15 proyek senilai hampir Rp. 4 milyar bisa digulirkan untuk memperbaiki sarana dan prasarana umum di wilayah Kecamatan Kertanegara.

“Semua ini bukan karena bupatinya sugih. Tetapi berkat ikhtiar semua jajaran di pemkab dan legislatif, alhamdulillah Purbalingga mendapat tambahan anggaran yang lumayan banyak. Tahun ini, APBD kita hampir mencapai nilai 1 trilyun,” katanya saat melakukan tarling putaran kedua di masjid Baiturrahman Karangasem, Senin (8/8) malam.

Tarling yang dilaksanakan pemkab Purbalingga, dibagi dalam dua tim. Tim I dipimpin oleh bupati dan tim II oleh wakil bupati. Pada putaran kedua, wabup Drs Sukento Ridho Marhaendrianto MM melaksanakan tarling di Masjid PITI Muhammad Chengho desa Selaganggeng Kecamatan Mrebet. Sebelumnya pada tarling putaran I Jum’at (5/8), bupati melaksanakan tarling di masjid Baitul Mutaqin desa Purbasari, Karangjambu. Sedangkan wakil bupati yang memimpin tim II tarling di masjid Al Ikhlas Pasunggingan Kecamatan Kertanegara.

Saat ini lanjut bupati, ada beberapa pembangunan prasarana umum yang menyedot anggaran cukup besar. Salah satunya adalah pembangunan bendung Slinga yang menelan anggaran hingga Rp. 50 milyar. Proyek ini diharapkan selesai pada 2013. Bahkan sedang diupayakan tambahan anggaran Rp. 35 milyar untuk penambahan jangkauan saluran irigasi dan pengembangan obyek wisata bendung Slinga.

“Saya minta doa agar amanah yang diberikan kepada saya bersama wakil bupati pak Kento, bisa dijalankan secara benar. Insya Alloh, yang tahun ini belum terjangkau, akan bisa digarap tahun depan,” pinta Heru.

Kepala Bagian Kesra Setda Purbalingga Yani Sutrisno S.Sos menuturkan secara keseluruhan kegiatan tarling akan dilaksanakan 9 kali. Tiap putaran, tim tarling kabupaten dibagi menjadi dua tim yakni tim I bersama Bupati dan tim II dipimpin wakil bupati. Untuk kegiatan ini, Bagian Kesra memberikan bantuan Rp. 1,5 juta kepada panitia setempat untuk mempersiapkan tarling. Selain itu, pihaknya juga memberikan bingkisan kepada takmir masjid berupa 10 buah kain sarung, 10 buah Juz ‘Amma serta sajadah, rukuh, Al Qur’an dan rehal masing-masing 5 buah. “Selain dari kami, biasanya pejabat pendamping juga memberikan bantuan untuk takmir dan masyarakat setempat,” tambahnya.

Tarling putaran berikutnya akan dilaksanakan Rabu (10/8). Tim I yang dipimpin bupati dijadwalkan di masjid Jami Baitussalam desa Losari Kecamatan Rembang. Tim II wakil bupati, di Masjid Syeh Mahdum Khusain Rajawana Kecamatan Karangmoncol. (BNC/har/pri)

Tentang Penulis

Leave A Response