Bimbingan Teknis Pengelolaan Hutan Produksi Lestari

Ditulis 20 Jul 2011 - 08:47 oleh Banyumas1

BANJARNEGARA – Tenaga Teknis Pengelolaan Hutan Produksi Lestari (Ganis PHPL) Selasa (19/07) selama satu hari mengikuti Bimbingan Teknis Pengelolaan Hutan Produksi yang bertempat di Aula SKB Banjarnegara. Tujuan dari kegiatan ini diantaranya adalah untuk meningkatkan kemampuan dan kinerja Ganis PHPL dalam rangka ketertiban Penatausahaan Hasil Hutan.
Menurut Kepala Dinas Kehutanan dan Perkebunan Kabupaten Banjarnegara Ir. Sutrisno Bintek yang diselenggarakan oleh Balai Pengendali Pemanfaatan Hasil Hutan Wilayah IV diikuti oleh 31 satu Ganis PHPL dari seluruh Kabupaten Banjarnegara. “Dari 73 Industri Primer Hasil Hutan Kayu (IPPHPK), lanjutnya, baru 53 % yang mempunyai tenaga teknis yaitu 39 orang” katanya.
Padahal peran dari Ganis PHPL ini, kata Sutrisno, sangat vital dalam industri kayu. Hal ini didasarkan pada tugas mereka menerbitkan dokumen legalitas kayu industri mulai dari tempat tebangan sampai tempat tujuan. “Tanpa adanya dokumen resmi yang dibuat oleh Ganis PHPL hasil tebangan bisa dinyatakan sebagai illegal” katanya.
Oleh karena itu, lanjutnya, bagi IPHHK yang belum mempunyai tenaga teknis sendiri diharapkan untuk melakukan pinjam pakai kepada IPHHK yang sudah mempunyai tenaga teknis. “Selain untuk legalisasi, keberadaan tenaga teknis dalam satu industi kayu ini juga menjamin kelanjutan industi tersebut dalam pengembangannya ke depan” katanya (BNC/ebr)

Tentang Penulis

Leave A Response