Kegiatan PKK Harus Berorientasi Kesejahteraan

Ditulis 17 Jul 2011 - 15:42 oleh Banyumas1

PURBALINGGA – Kegiatan yang dilakukan kader PKK baik oleh Tim Penggerak (TP) PKK kabupaten, kecamatan maupun desa harus berorientasi pada peningkatan kesejahteraan masyarakat. Hal ini telah dilakukan oleh TP PKK Kabupaten Purbalingga dengan lebih menfokuskan pada kegiatan kewirausahaan.

“Saya berharap TP PKK Kecamatan juga dapat melakukan hal yang sama. Kalau dulu kegiatan PKK lebih banyak pada kegiatan administrasi. Tetapi sekarang harus kita rubah. Kegiatan administrasi memang harus ada. Namun harus lebih banyak membuat kegiatan nyata yang melibatkan seluruh pokja,” ungkap Ketua TP PKK Kabupaten Ny. Hj Sudarli Heru Sudjatmoko pada acara Pelatihan Pengelolaan dn Pengemasan Industri Pangan Rumah Tangga di Graha Srikandi Purbalingga, Sabtu (16/7).

Mulai 2011, lanjutnya, TP PKK Kabupaten telah banyak melakukan kegiatan yang mempunyai manfaat langsung bagi masyarakat. Ia mencontohkan, tahun ini TP PKK kabupaten telah mengadakan kursus rias pengantin. Hasilnya, kegiatan itu telah meluluskan 5 orang menjadi juru rias pengantin baru. Menurut Ny Sudarli, kegiatan kali ini tujuannya juga sama yakni memberikan bekal kepada kader dan masyarakat agar memiliki kegiatan industri. Meski baru pada skala rumah tangga. Agar tujuan itu bisa tercapai, dia meminta panitia kegiatan bisa menghadirkan peserta yang memiliki minat pada bidangnya.

”Saat ini dibutuhkan minat wirausaha di kalangan keluarga. Kalau pesertanya hanya karena disuruh oleh Bu Camat tapi tak mempunyai minat, ya hasilnya akan percuma saja. Namun kalau datang ke pelatihan karena memiliki minat, pasti hasilnya akan lebih baik,” tandasnya.

Ketua Panitia Ny. Anas Sumarjo menjelaskan kegiatan ini diikuti 90 peserta terdiri dari peserta dari pokja 3, kalangan remaja dan masyarakat umum. Materi pelatihan meliputi peran PKK dalam menumbuhkan industri rumah tangga, kewirausahaan, praktek pembuatan kue kering dan pengemasan. Materi disampaikan oleh TP PKK Kabupaten dan narasumber dari Dinas Perindustrian Perdagangan dan Koperasi (Dinperindagkop) Purbalingga. (BNC/har)

Tentang Penulis

Leave A Response