BRI Agar Layani Pedagang Pasar Musiman

Ditulis 09 Jun 2011 - 19:13 oleh Banyumas1

PURBALINGGA– Potensi pedagang pasar di Kabupaten Purbalingga masih sangat menguntungkan untuk digarap dunia perbankan. Salah satu potensi yang masih belum tersentuh pelayanan perbankan adalah para pedagang pasar musiman. Pasar ini hanya buka pada hari-hari tertentu seperti Pasar Paing, Pasar Pon dan lainnya.
Wakil Bupati Purbalingga Drs H Sukento Rido Marhaendrianto MM minta perbankan khususnya Bank Rakyat Indonesia (BRI) mampu melayani para pedagang pasar itu dengan layanan mobiling.
”Mereka kebanyakan masih mengandalkan kredit harian. Kalau mereka dapat dilayani secara jemput bola, saya yakin transaksional cabang BRI bisa meningkat,” ungkap Wabup Sukento pada kegiatan BRI Peduli Pasar Rakyat di Lobi Pasar Segamas Purbalingga, Kamis (9/6).
Wabup juga berharap perbankan terus memberikan edukasi pada para pengusaha UMKM serta memberikan kemudahan-kemudahan baik pelayanan simpanan ,maupun kredit. Dia ingin BRI memberikan kredit bagi warga Purbalingga dengan bunga kredit khusus. ”Di Purbalingga banyak UMKM, kalau bunga kreditnya menguntungkan tentu akan menarik. Dana tabungan UMKM juga akan meningkat,” katanya.
Sementara Pimpinan Cabang BRI Purbalingga Sparta Sianturi menandaskan selama ini BRI tetap fokus melayani UMKM khususnya kepada para pedagang pasar tradisional. Hal ini dibuktikan dengan kegiatan ”BRI Peduli Pasar Rakyat” yang digelar di komplek Pasar Segamas mulai Senin (6/6) hingga Jum’at (10/6).
”Kepedulian kepada warga pasar kita tunjukan dengan menyalurkan program Corporate Social Responsibility (CSR). Khusus untuk pasar Segamas kami salurkan Rp. 99,7 juta,” ungkapnya.
Dana sebesar itu tambah Sparta, diberikan untuk bantuan pelayanan kesehatan bagi komunitas pedagang pasar dan tenaga kebersihan pasar Segamas. Disamping itu, BRI juga memberikan bantuan berupa tempat parkir seluas 100 m2, dua buah pos parkir, papan nama Kantor Pelayanan pasar dan Kantor Satuan Pengamanan serta papan petunjuk arah di pasar Segamas.
Untuk memfasilitasi layanan kredit bagi pedagang pasar di wilayah Kabupaten Purbalingga telah dilakukan penandatanganan kerjasama antara Kanca BRI Purbalingga dengan Dinas Perindustrian Perdagangan dan Koperasi (Dinperindagkop) Purbalingga.
Program BRI Peduli Pasar Rakyat diisi pelayanan kesehatan, pelayanan perbankan, pengundian hadiah Simpedes dan barbagai hiburan rakyat. (BNC/her)

Tentang Penulis

Leave A Response