Peringati Hari LH,Danamon Aksi Tanam Ribuan Mangrove

Ditulis 07 Jun 2011 - 21:58 oleh Banyumas1
|
Berita Kategori
Tak Berkategori
125
Dalam Tag

CILACAP- Kerusakan hutan mangrove di Nusakambangan Cilacap Jawa Tengah kini sudah sangat memperihatinkan. Untuk mengatasi hal tersebut, bersamaan dengan peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia, Bank Danamon Purwokertodan Dishutbun Cilacap, Sabtu (04/06) siang, gelar aksi tanam seribu pohon mangrove . Kegiatan ini untuk mengurangi kerusakan mangrove yang berada di areal pantai sepanjang Nusakambangan.

Kerusakan hutan mangrove di wilayah hutan Nusakambangan dan Segara Anakan Cilacap, Jawa Tengah di sebabkan adanya penebangan liar. Kondisi ini merusak konservasi alam dan mengancam abrasi pantai. “Selain itu mensosialisasikan gerakan koservasi lingkungan setidaknya dapat memberikan efek yang lebih baik terhadap masyarakat untuk sadar lingkungan” ujar Sugiarto,panitia dari Bank Danamon.

Kegiatan tanam seribu pohon mangrove di lakukan di sepanjang pantai yang mengelilingi Nusakambangan atau sekitar 1, 5 kilometer, dengan jumlah 16.500 pohon.

Tanaman mangrove yang berada di areal sejumlah lapas yang berada di lokasi tersebut selama ini memang tidak mendapat pengawasan. “Sehingga penebangan liar terus berlangsung hingga terjadi kerusakan yang tidak hanya mengancam abrasi pantai tetapi juga hilangnya tempat bertelur ikan ikan serta kerusakan biota laut lainnya,” tutur sujiman, Kadishutbun Kabupaten Cilacap.

Kegiatan ini rencananya akan terus di galakan tidak hanya di hari lingkungan hidup sedunia saja. Diharapkan, kegiatan ini akan meningkatkan fungsi alam dan penyelamatan penghijauan lingkungan (BNC/puh).

Tentang Penulis

Leave A Response