Kawah Dieng Status Siaga Ratusan Warga Mengungsi

Ditulis 30 Mei 2011 - 12:11 oleh Banyumas1

BANJARNEGARA-Aktivitas Kawah Dieng di Banjarnegara Jateng mulai meningkat. Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten Banjarnegara, menyatakan, ratusan orang di kecamatan Batur, mengungsi akibat gempa di Kawah Timbang, dataran tinggi Dieng tersebut.

Informasi yang diperoleh BNC menyebutkan, guncangan gempa pada Sabtu malam yang disusul dengan padamnya aliran listrik membuat warga khawatir. Kawah Timbang Dieng mengeluarkan gas beracun akibat gempa tersebut sehingga mereka terpaksa mengungsi.

Mereka terutama warga Dukuh Simbar, Desa Sumberejo,Batur yang lokasinya tak jauh dari kawah, Senin (30/05) pagi mulai mengungsikan anggota keluarga mereka ke rumah-rumah saudara yang dinilai aman.
Sementara Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG), hingga saat ini menetapkan status siaga terhadap kawah Timbang di dataran tinggi Dieng tersebut.
Kepala Pos Pengamatan Gunung Api Dieng, Tunut P, mengatakan asap dari aktivitas kawah Timbang yang berpotensi mengeluarkan gas beracun itu mengarah ke selatan dan mencapai radius 50 meter. Hal terebut sangat berbahaya karena gas mengandung racun dan telah mematikan tanaman dan hewan yang berada disekitar kawah (BNC/vit).

Tentang Penulis

Leave A Response