Banjarnegara Waspada Bencana Dieng

Ditulis 26 Mei 2011 - 10:12 oleh Banyumas1

BANJARNEGARA – Bupati Banjarnegara, Drs. Ir. H. Djasri, MM, MT hari ini menggelar Rapat Koordinasi Persiapan Penanganan Bencana Dieng menyusul gempa yang terjadi dan ancaman gas beracun di kawasan Kawah Timbang, Desa Sumberejo, Kecamatan Batur beberapa hari terakhir ini. Rapat yang bertempat di Pringitan Rumah Dinas Bupati ini dihadiri oleh dinas dan satuan tugas yang terkait dengan penanganan bencana alam.
Mengingat getaran yang sampai saat ini masih terjadi dan dapat dirasakan oleh penduduk daerah sekitar, Bupati mengatakan perlu adanya antisipasi terhadap kemungkinan terburuk. “Harus ada kesiapan daerah, jangan sampai menunggu bencana itu datang”, tegasnya.
Dalam rapat koordinasi ini diadakan pembagian tugas kepada setiap SKPD untuk mempersiapkan segala sesuatunya, seperti pemasangan tanda petunjuk bahaya di sekitar Kawah Timbang, penentuan jalur alternatif evakuasi, penentuan tempat pengungsian, dan kendaraan untuk mengangkut penduduk. “Perlu diperhatikan juga penyediaan mobil ambulans, obat-obatan dan barak untuk ditempati penduduk”, kata Bupati. Bupati juga memandang perlu dibentuknya Tim Sosialisasi yang bertugas memberikan pengarahan kepada masyarakat tentang bahaya gas beracun dan menjelaskan jalur evakuasi. “Warga yang masih beraktivitas di sekitar daerah yang rawan gas itu harus diberi peringatan dan diharuskan menjauh dari lokasi dengan radius 500-1000 meter”, jelasnya.
Bupati juga meminta supaya SKPD terkait yang mendapatkan tugas untuk segera melakukan langkah-langkah konkret di lapangan termasuk pembuatan posko di kecamatan.
Sebagaimana diberitakan sebelumnya, status Gunung berapi di Dataran Tinggi telah ditingkatkan dari status normal menjadi waspada menyusul adanya kegempaan di kawah Timbang dan meningkatnya aktivitas vulkanik dengan keluarnya gas CO2 yang biasanya tidak teramati. (BNC/lan)

Tentang Penulis

Leave A Response