Tujuh Kecamatan Terima Bantuan Mobil Dari Kementerian PDT

Ditulis 26 Mei 2011 - 10:11 oleh Banyumas1

BANJARNEGARA – Tujuh kecamatan hari ini menerima bantuan dari Kementerian Pembangunan Daerah Tertinggal. Bantuan yang diserahkan secara simbolis oleh Bupati Banjarnegara, Drs. Ir. H. Djasri, MM, MT di Pringgitan Rumah Dinas Bupati ini merupakan bentuk pelaksanaan Kegiatan Dana Alokasi Khusus Sarana Prasarana Perdesaan (DAK SPP) Kementerian PDT pada Dinas Perhubungan, Komunikasi dan Informatika (Dinhubkominfo) Kabupaten Banjarnegara sebesar Rp. 1.045.900.000,-.
Di acara yang dihadiri juga oleh Camat dan SKPD terkait ini Bupati memberitahukan bahwa Camat bertindak sebagai pengelola sehingga harus bisa secara bertanggung jawab memanfaatkannya. “Jangan sampai menimbulkan fitnah dalam penggunaannya dan diutamakan untuk kesejahteraan masyarakat perdesaan, bukan untuk kepentingan pribadi”, tegasnya. Bupati juga menambahkan bahwa perlu adanya laporan yang jelas dan pengawasan berkala dari dinas terkait dalam penggunaannya. Bupati juga menghimbau kepada Kepala Dinhubkominfo untuk mengajukan permohonan bantuan kembali kepada Kementerian PDT bagi kecamatan lain yang belum menerima bantuan.
Dalam laporannya, Kepala Dinhubkominfo, Drs. Setiawan, M.Hum menjelaskan bahwa bantuan yang berupa kendaraan pick up Mitsubishi L 300 roda empat ini diberikan mengingat kondisi geografis dan tipologi wilayah Banjarnegara yang merupakan daerah berbukit. Maksud dan tujuan bantuan ini adalah sebagai sarana pengangkut produk pertanian, perkebunan dari perdesaan ke daerah pusat pemasaran dan pemberdayaan masyarakat sebagai subyek pembangunan berbasis komoditas unggulan lokal. “Utamanya adalah untuk menciptakan sinergi pembangunan antara perdesan dengan wilayah perkotaan”, jelasnya.
Tujuh kecamatan yang mendapatkan bantuan meliputi Kecamatan Karangkobar, Pejawaran, Kalibening, Pandanarum, Punggelan, Pagentan dan Pagedongan. Pemilihan kecamatan tersebut merupakan hasil verifikasi oleh Tim Koordinasi yang beranggotakan SKPD / Dinas terkait dan dituangkan dalam Keputusan Bupati Banjarnegara Nomor 551.2/226 tahun 2011 tentang Penetapan dan Pengelola Moda Transportasi Darat Bantuan Kementerian PDT di Banjarnegara. Setiawan menambahkan kendaraan ini hanya boleh digunakan untuk mengangkut hasil pertanian dan tidak untuk mengangkut kayu atau hasil tambang.
Di akhir acara, Bupati berharap bantuan ini bisa digunakan sebagai modal bagi desa untuk bisa meningkatkan kesejahteraan dan ekonomi daerah. “Lebih baik lagi bila nanti kecamatan mampu untuk mengkredit kendaraan lagi dari modal yang sudah terkumpul, sehingga kemampuan pemasaran akan meningkat”, pungkasnya. Bupati Banjarnegara juga sempat mencoba salah satu kendaraan sebelum diserahkan kepada Camat penerima bantuan. (BNC/lan)

Tentang Penulis

Leave A Response