35 Usaha Wajib Susun DPLH

Ditulis 10 Mei 2011 - 20:12 oleh Banyumas1

KEBUMEN – Sebanyak 35 usaha / kegiatan di Kabupaten kebumen diminta segera menyusun Dokumen Pengelolaan Lingkungan Hidup. Sejumlah usaha atau kegiatan tersebut diantaranya berupa usaha perhotelan, rumah makan, percetakan, Layanan kesehatan berupa puskesmas dan pasar.
Perintah tersebut menyusul dikeluarkannya Surat Menteri Lingkungan Hidup RI No B-718/ Dep.I/LH/2011 tanggal 25 Januari 2011 perihal batas waktu penetapan dan Pengesahan DPLH ( Dokumen pengelolaan Lingkungan Hidup) dan Pemberlakuan Permeneg LH Nomor 14 Tahun 2010. yang ditindaklanjuti oleh Kantor Lingkungan Hidup Kabupaten kebumen.

Kepala Kantor Lingkungan Hidup Ir Siti Kharisah MM dalam surat tertulisnya No 860.1/201/III/2011 menyatakan Batas waktu pengesahan DPLH paling lama tanggal 3 Oktober 2011 . Untuk itu bagi penanggungjawab usaha atau kegiatan harus segera menyusun DPLH dan segera berkoordinasi dengan instansi lingkungan Hidup.

Lebih lanjut disampaikan bila sampai tanggal 3 Oktober kegiatan atau usaha tersebut tidak memiliki dokumen lingkunagn Hidup. maka penanggungjawab usaha akan dikenai sanksi hukum sesuai dengan UU Nomor 32 tahun 2009 tentang Perlindungan dan Pengelolaan Lingkungan Hidup.

Dokumen Pengelolaan Lingkungan Hidup adalah dokumen yang memuat pengelolaan dan pemantauan lingkungan hidup yang dikenakan bagi usaha dan/atau kegiatan yang sudah memiliki izin usaha. (BNC/tg/nn)

Tentang Penulis

Leave A Response