Ribuan Anak PAUD Banjarnegara Ikuti Gebyar Pra Siaga

Ditulis 20 Apr 2011 - 14:51 oleh Banyumas1

GEBYAR PAUD: Meriah, saat anak anak mengikuti gebyar Paud di alun - alun Banjarnegara (foto:eko/BNC)


BANJARNEGARA – 10.000 ribu anak-anak dari lembaga Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD), baik dari PAUD Formal seperti TK, RA, dan BA maupun dari PAUD Non Formal seperti Kelompok Bermain, Rabu (20/04) terlibat dalam kegiatan Gebyar Pra Siaga di Alun-alun Kota Banjarnegara. Kepastian jumlah ini diperoleh dari panitia seksi lomba mewarnai yang melaporkan telah membagi habis 10.000 gambar yang disediakan panitia untuk lomba tersebut. “Jumlah tersebut terdiri dari jumlah anak PAUD Formal 3600 anak dan PAUD Non Formal 3516 anak yang melakukan daftar ulang, ditambah anak-anak yang langsung mendaftar pada hari pelaksanaan lomba” ujar Ketua Panitia, Wahyono.
Kegiatan Gebyar Pra Siaga ini, lanjutnya, dimaksudkan sebagai sosialisasi gerakan pramuka khusus pra siaga, mengekpresikan bakat dan minat anak-anak PAUD, dan dalam dalam rangka mengenalkan upaya membangun karakter bangsa melalui gerakan pramuka sejak usia dini atau usia pra siaga. Dan bagi para penyelenggara pendidikan, imbuhnya, kegiatan ini bermanfaat untuk menumbuhkan semangat membina dan melatih serta meningkatkan kreatifitas dan inovasi dalam pelaksanaan pembinaan serta pelatihan. “Sebelum dimulainya kegiatan diselenggarakan pawai yang melibatkan seluruh peserta ditambah atraksi seni, festival pakaian adat tradisional, dan drumband bocah” katanya.
Kegiatan Gebyar Pra Siaga ini, kata Wahyono, diselenggarakan Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Banjarnegara bekerja sama dengan Dindikpora dalam rangka memperingati Hari Baden Powell, Hardiknas dan Hari Kartini. Untuk meramaikan kegiatan, panitia menyelenggarakan lomba mewarnai yang diperuntukan untuk PAUD Formal maupun non Formal dan kegiatan Apresiasi Seni. “Untuk lomba mewarnai akan diambil kejuaraan untuk juara 1, 2, 3 yang berhak mendapat piala, piagam dan hadiah. Sedangkan untuk apresiasi seni kegiatan ini tidak dinilai” katanya.
Bupati Drs. Ir. Djasri, MM, MT yang membuka acara menyatakan sangat senang menyaksikan antusiasme anak-anak PAUD dan orang tuanya dalam menyambut kegiatan ini. Ia mengaku sebelum menyampaikan pidatonya sempat menanyakan ke sejumlah anak dan orang tua tentang persiapan menyambut acara ini. “Tak pelak, untuk kegiatan seperti ini orang tua pun harus ikut mengeluarkan biaya tambahan untuk kelengkapan alat-alat mewarnai. Dan kata mereka pula, tidak ada paksaan untuk itu. Hal tersebut ditempuh didasari niatan ingin melihat anak mereka sukses dalam pendidikan. Itu artinya kegiatan semacam ini mendapat respon positif dari orang tua” katanya.
Karena kegiatan ini ada lombanya, lanjut Djasri, Ia berharap orang tua untuk tidak usah terlalu terlibat. Biarkan anak-anak mengekspresikan diri melalui kemampuannya mewarnai. Sementara dorongan emosional ditekan dulu. “Ajari anak-anak untuk disiplin dan taat pada aturan, juga yang paling penting adalah latih anak untuk jujur” katanya (BNC/eko)

Tentang Penulis

1 Komentar so far. Feel free to join this conversation.

  1. ali 07/11/2012 pukul 15:26 -

    gan cara ngediriin PAUD DI BANJARNEGARA gimana?

Leave A Response