Import Ikan Sebatas yang Tak Tersedia di Dalam Negeri

Ditulis 19 Apr 2011 - 20:06 oleh Banyumas1

MENANGKAP IKAN: Kegemaran memakan ikan, dimulai dengan belajar menangkap ikan (foto:cie/BNC)

PURBALINGGA– Sebagai upaya melindungi petani ikan dan nelayan, pemerintah membatasi import ikan. Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Jawa Tengah Ir Subagyo MM mengatakan import diperbolehkan dengan syarat ikan itu tidak dibudidayakan petani ikan atau tidak tersedia di laut Indonesia.

“Sebagai contoh ikan salmon. Karena ikan jenis ini tidak ada di perairan Indonesia, pemerintah membuka peluang import. Tapi kalau importnya itu seperti tongkol, bandeng, bawal, itu buat apa? Disini juga ada. Kasihan petani ikan dan nelayan kita,” tegasnya di sela-sela Pencanangan Gerakan Masyarakat Gemar Makan Ikan (Gemari) di Gedung Kembar UPT Budidaya Ikan Air Tawar Kutasari, Selasa (19/4).

Sementara itu, Subagyo mengatakan konsumsi ikan di Purbalingga relatif lebih baik daripada rata-rata konsumsi ikan di 35 kabupaten/kota di Jawa Tengah, namun jauh di bawah rata-rata nasional. Tingkat konsumsi ikan di Purbalingga mencapai 17,6 kg/kapita/th, sedangkan rata-rata konsumsi ikan di Jawa Tengah hanya mencapai 16kg/kapita/tahun dan nasional mencapai 30kg/kapita/tahun.

“Harus kita akui tingkat konsumsi ikan rata-rata di Indonesia masih kalah dengan negara-negara lain seperti Thailand dan Malaysia. Ini sangat ironis mengingat Indonesia itu negara perairan sekaligus kaya jenis ikan pembudidayaan, tambahnya.
Karenanya, Subagyo memberikan apresiasi yang tinggi dengan pelaksanaan Pencanangan Gemari di Purbalingga yang dimeriahkan dnegan Lomba Masak Ikan bagi Tim Penggerak PKK Kecamatan se-Kabupaten Purbalingga serta Lomba Menangkap Ikan dan Lomba Menggambar Ikan bagi 80 siswa dari 20 SD/MI se-Kabupaten Purbalingga. Subagyo berharap, kegiatan semacam ini tidak hanya sebatas seremonial, tapi harus mampu membudayakan kegemaran makan ikan bagi masyarakat, khususnya anak-anak untuk meningkatkan kecerdasannya (BNC/cie).

Tentang Penulis

Leave A Response