Jabal Magnet Banyumas Mendadak jadi Obyek Wisata Tiban

Ditulis 19 Apr 2011 - 20:00 oleh Banyumas1

JABAL MAGNET: Inilah lokasi yang disebut sebut sebagai Jabal Magnet di Limpakuwus Kecamatan Sumbang, Banyumas, Jateng (foto:nan/BNC)


BANYUMAS-Penomena alam berupa Jabal Magnet yang muncul di Banyumas, Jawa Tengah tak hanya menarik perhatian para peneliti, namun juga warga yang penasaran ingin melihatnya. Tak heran jika sehari setelah media gencar memberitakan, lokasi tersebut ramai diburu layaknya obyek wisata tiban.

MENCOBA: Pengunjung mencoba mematikan mesin di atas jalan aspal Jabal Magnet Limpakuwus (foto:nan/BNC)


Pemantauan BanyumasNews.Com (BNC) sejak pagi ratusan warga ini sudah memenuhi jalan Desa Limpakuwus Kecamatan Sumbang Kabupaten Banyumas. Mereka tak hanya warga Banyumas, namun juga warga luar kota seperti Purbalingga, Banjarnegara hingga Wonosobo dan Kebumen.

Mereka tak hanya menonton, tapi juga mencoba kebenaran adanya daya tarik magnet di jalan aspal selebar empat meter tersebut. Dengan menggunakan mobil atau motor, para wisatawan dadakan ini kemudian mencobanya mematikan mesin di lokasi yang dianggap sebagai Jabal Magnet.Bahkan sebuah mobil polisi, menjadi tontonan pengunjung saat beraksi di lokasi tersebut.

Banyak yang berharap lokasi itu menjadi bisa menjadi salah satu kunjungan wisatawan. Lokasi Jabal Magnet yang berada di wilayah areal Balai Besar Pembibitan Ternak Unggul Sapi Perah (BB-PTUSP) hanya berjarak satu kilometer dari Baturaden. Sehingga bisa menambah aset wisata yang nantinya bisa dikelola oleh BB-PTUSP.

“ Kita berharap jika nantinya itu benar benar ada kekuatan daya tarik magnet, bias menjadi obyek wisata yang akan kami kelola. Tentu saja kami harus meminta ijin dulu ke Dinas Pertanian, karena kami berada di bawah dinas tersebut, “ ujar Kepala BB-PTUSP Baturaden, Ir Ili Rachman,MSi.

Meski begitu, benar tidaknya lokasi tersebut sebagai Jabal Magnet seperti yang ada di Madinah, kini masih dalam penelitian ahli geologi. Jika benar , maka di dunia ini hanya ada dua Jabal Magnet, yaitu di Madinah dan Banyumas,sebuah kebanggan bagi bangsa Indonesia (BNC/ani).

Tentang Penulis

Leave A Response