Purbalingga Miliki Gedhong Keroncong

Ditulis 19 Apr 2011 - 13:57 oleh Banyumas1

GEDONG KERONCONG: Para seniman Musik Keroncong saat mencoba gedung baru (foto:har/BNC)


PURBALINGGA – Purbalingga tercatat memiliki andil besar dalam pengembangan musik keroncong. Setelah pada tahun 2008, insan keroncong Purbalingga mempelopori terbentuknya Himpunan Artis Musik Keroncong Indonesia (HAMKRI) Jawa Tengah. Kini Purbalingga mencatatkan dirinya sebagai daerah yang memiliki tempat khusus pengembangan musik keroncong. Gedhong Keroncong yang berdiri megah di Jl. Kirana Purbalingga Lor, Sabtu malam (09/4) diresmikan penggunaanya oleh Bupati Purbalingga Drs. H. Heru Sudjatmoko, Msi.

Peresmian Gedhong Keroncong “Nandang Wijaya” bersamaan dengan hajat syukuran ulang tahun ke-12 Orkes Keroncong Nadya Dewi dan pengukuhan pengurus DPC HAMKRI kabupaten Purbalingga.

Pemilik gedung yang juga ketua Hamkri Jawa Tengah Nandang Wijaya mengungkapkan dibangunnya Gedhong Keroncong dimaksudkan untuk menghimpun seluruh grup keroncong di Purbalingga.

“Mudah-mudahan bisa menjadi fasilitas bagi pelajar, generasi muda dan insan keroncong Purbalingga untuk mengembangkan keroncong melalui gedung ini,” tandas pemilik Dewi Foto Purbalingga yang getol membina masyarakat mencintai musik keroncong.

Bupati Purbalingga Drs. H. Heru Sudjatmoko, Msi mengungkapkan musik keroncong memiliki peran strategis dalam membentuk karakter bangsa. Menurutnya melalui kegiatan bermusik utamanya keroncong akan mampu menjadikan masyarakat berkepribadian dalam budaya.

“Kalau bangsa ini ingin eksis, kita harus dapat berdikari dalam bidang politik, ekonomi dan berkepribadian dalam bidang budaya,” ungkap Heru sembari menyitir ajaran Tri Sakti yang diwariskan Bung Karno.

Pada kesempatan itu Bupati memberi nama Gedhong Keroncong Nandang Wijaya, meski sebenarnya sang pemilik nama tidak mau namanya menjadi nama gedung yang didirikan tak jauh dari rumahnya.

Sementara pengurus DPC HAMKRI Purbalingga masa bhakti 2011 – 2015 diketuai Kaendar, S.Pd dibantu bidang Organisasi Kapt.Inf. Yacobus, Bidang Litbang Kusnandar, Bidang SDM Arif Diding S dan Bidang Humas Nano Wiyatno. Sekretaris Lusiati S.Sos dan Bendahara Retnowati Nandang Wijaya.

Kepengurusan DPC HAMKRI dikukuhkan Ketua DPP HAMKRI Iwan Krisna disaksikan Bupati Purbalingga, Dewan Kehormatan HAMKRI Waljinah, Ketua DPD HAMKRI Jateng Nandang Wijaya dan Pengurus DPC Hamkri se-Jateng. Acara dimeriahkan penampilan grup keroncong dari Purbalingga, Cilacap, Banjarnegara dan Wonosobo. Pada Minggu siang (10/4) acara dilanjutkan dengan menggelar Bincang Keroncong (BNC/har)

Tentang Penulis

Leave A Response