Festival kenthongan meriahkan peringatan Hari Jadi Banyumas ke 429

Ditulis 08 Apr 2011 - 19:34 oleh Banyumas1

PURWOKERTO – Peringatan hari jadi Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah, yang ke 429 jatuh pada 6 April 2011, dimeriahkan festival kenthongan Jum’at malam (8/04). Kegiatan ini melengkapi serangkaian kegiatan sudah diadakan, seperti pawai budaya yang digelar Minggu siang (03/04). Peringatan tahun ini diselenggarakan lebih sederhana dari pada peringatan tahun lalu (2010). Hal ini ditilik dari kegiatan yang diadakan panitia, seperti tidak adanya pentas kethoprak dan juga pentas ‘Tiga Bupati Mendalang” sebagaimana diadakan tahun lalu.

Pawai budaya Minggu siang (03/04) diadakan dengan misi utama menanamkan kecintaan warga pada batik Banyumasan. Peserta mengenakan pakaian khas Banyumas dengan beskap dan kebaya motif  Banyumasan. Pawai dimulai dari taman rekreasi Andhang Pangrenan dan finish di Alun-alun Purwokerto. Sekalipun diguyur hujan, pawai tetap berlangsung dan tampak semangat dari para peserta.

Dijadikannya  Andhang Pangrenan sebagai lokasi start pawai budaya bukan tanpa maksud. “Hal ini untuk memperkenalkan kepada warga akan keberadaan taman rekreasi baru di kota Purwokerto”, kata Kepala Bagian Hubungan Masyarakat dan Protokol Sekretariat Daerah Pemkab Banyumas, Agus Nur Hadie.

Tradisi yang selalu ada adalah Festival Kesenian “Kenthongan”, kesenian khas Banyumasan dengan alat bambu. Untuk festival kenthongan ini mengambil rute kebalikan dari rute pawai budaya, yaitu dimulai dari  Alun-Alun Purwokerto menuju Taman Rekreasi “Andhang Pangrenan” . “Kami juga berharap Festival Kesenian ’Kenthongan’ ini dapat menarik minat wisatawan untuk berwisata di Kabupaten Banyumas,” harap Agus.

Agus mengharapkan, sekalipun peringatan Hari Jadi Ke-429 Kabupaten Banyumas tidak diisi dengan pergelaran ketoprak seperti tahun sebelumnya, peringatan pada 2011 diyakini tidak kalah dengan peringatan tahun sebelumnya. (BNC/ist)

Tentang Penulis

Leave A Response