Ular Sanca 4 Meter Tambah Koleksi Sanggaluri Park Owabong

ULAR SANCA: Inilah ular Sanca sepanjang 4 meter yang ditemukan warga dan akhirnya diserahkan ke pihak Owabong (foto:tgr/BNC)

PURBALINGGA,– Seekor ular Sanca bodo/luwuk  (Phython molorus bivittatus)  dengan panjang sekitar empat meter dan berat 60 kilogram dan diameter 55 cm menambah koleksi obyek wisata Sanggaluri Park di Desa Kutasari, Kecamatan Kutasari, Purbalingga. Ular berkelamin betina tersebut merupakan sumbangan warga Dusun Karangnangka, Desa Muntang, Kecamatan Toyareka. Warga menemukan ular tersebut di Sungai.

Humas Sanggaluri Park-Owabong, Agus Dwiyantoro mengatakan, ular tersebut ditemukan oleh warga Muntang, Achmadi. Ular tersebut berada di pinggir sungai Klawing yang melintasi desanya. Achmadi sempat menduga jika ular ytersebut sudah dalam kondisi mati. Ular diam saja meski didekati. Ular tersebut ditangkap pada hari Minggu 27 Maret 2011 dan kemudian diamankan di dalam drum besar tempat ikan.

”Sebagai upaya konservasi dan perlindungan satwa langka, ular tersebut kemudian diserahkan ke kami untuk menambah koleksi taman reptil Sanggaluri Park,” ujar Agus.

Disebutkan Agus, ular Sanca termasuk ular tidak berbisa yang mampu mencapai panjang 7 m dengan warna didominasi abu-abu putih dan coklat. Memiliki corak berpetak pada bagian perut berwarna putih dan pada bagian kepala memiliki corak menyerupai anak panah. ”Ular Sanca banyak dijumpai di daerah sepanjang sungga dan hutan tropis, dan merupakan ular yang dilindungi PP no 7 / 1999 tentang Pengawetan Jenis Tumbuhan dan Satwa,” kata Agus (BNC/tgr)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.