Bupati Purbalingga Berobsesi SMK Gratis Bagi Siswa Miskin

Ditulis 29 Mar 2011 - 17:17 oleh Banyumas1

PURBALINGGA – Bupati Drs Heru Sudjatmoko MSi memiliki keinginan untuk mendirikan SMK gratis khusus siswa dari keluarga miskin. Nantinya, lulusan SMK diarahkan memiliki ketrampilan dan siap kerja sehingga mampu memutus rantai kemiskinan yang mengakar kuat di keluarganya.

“Kalau tidak diantisipasi, anak-anak dari keluarga miskin nantinya akan menjadi penerus generasi yang miskin juga. Na’udzubillah. Mereka dengan pendidikan rendah, tidak memiliki ketrampilan, terjun ke dunia kerja juga tidak diterima, nikah muda, setahun sekali punya anak dan tidak ada yang memiliki pendidikan memadai. Angka kemiskinan yang kini 24,97% sangat mungkin meningkat,” ujarnya dalam sambutan Pembukaan Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) dalam rangka Penyusunan Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Kabupaten Purbalingga Tahun 2012 di Pendopo Dipokusumo, Selasa (29/3).

Menurut Bupati, SMK saat ini menjadi alternatif mempersiapkan tenaga siap kerja dan tranpil. Sayangnya, masih banyak siswa miskin yang tak memiliki kemampuan melanjutkan ke jenjang yang SMK setelah lulus SLTP. Karenanya, Bupati berharap setiap Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) terkait mempersiapkan realisasi SMK Gratis khusus siswa miskin.

“Soal lahan, kita punya banyak lahan. Saya cenderung memilih yang dekat dengan Balai Latihan Kerja di Purbalingga Lor. Daripada dikira mangkrak, lebih baik kita manfaatkan untuk latihan kerja anak-anak SMK gratis ini,”

Selain SMK Gratis, Bupati juga berkeinginan merealisasikan Rumah Sakit Tipe B tanpa kelas yang lagi-lagi diarahkan khusus untuk masyarakat miskin. Bupati mengaku prihatin dengan kondisi masyarakat miskin yang masih saja kesulitan memperoleh pelayanan medis yang memadai karena umumnya selalu ditempatkan di kelas ekonomi yang minim fasilitas.

Keinginan lain Bupati yang tampaknya segera terwujud, dengan akan dibangunnya jembatan yang menghubungkan Desa Kedungbenda Kecamatan Kemangkon Kabupaten Purbalingga dengan Kecamatan Sokaraja Kabupaten Banyumas. Salah satu bentuk keseriusan realisasi rencana pendirian jembatan ini, telah dibebaskan lahan untuk pendirian Pabrik Gula PT Putra Giri Manis di Desa Kedungbenda Kecamatan Kemangkon. (BNC/cie)

Tentang Penulis

Leave A Response