DPRD Kuningan Belajar Pariwisata ke Purbalingga

Ditulis 29 Mar 2011 - 08:55 oleh Banyumas1

PURBALINGGA – Komisi B DPRD Kabupaten Kuningan, Provinsi Jawa Barat, Senin (28/3) melakukan kunjungan ke Kabupaten Purbalingga. Rombongan diterima oleh Asisten Pembangunan, Perekonomian dan Kesejahteraan Sekda Purbalingga Ir Susilo Utomo, M.Si di ruang Operation Rooom Graha Adiguna, Kompleks Pendopo Dipokusumo Pemkab. Ikut hadir menerima Sekretaris Komisi B DPRD Purbalingga R Bambang Setiawan, dan Kabid Pariwisata Dra Titi Setiyawati.

Ketua komisi B DPRD Kuningan Pusantara Tri Kordiyanto yang sekaligus pimpinan rombongan menyatakan, kedatangannya ke Purbalingga untuk mempelajari lebih jauh tentang pengembangan pariwisata. “Kami menilai, meski Purbalingga kota kecil, namun perkembangan pariwisatanya sangat pesat, dan mampu menyedot pengunjung termasuk dari wilayah Jawa Barat,” kata  di Purbalingga

Susilo Utomo mengatakan, potensi pariwisata di Purbalingga digolongkan sesuai peruntukkannya. Pariwisata alam terdapat di kecamatan Karangreja (pendakian gunung Slamet, goa lawa, agrowisata Serang, gunung Lompong, curug Silintang, dan bumi perkemahan serang). Kemudian di Kecamatan Bojongsari (desa wisata Karangbanjar dan bumi perkemahan Munjul Luhur), Kecamatan Rembang (curug Karang dan Curug Panyatan), dan Kecamatan Kemangkon (wisata air Congot di Desa Kedungbenda).

“Pariwisata budaya dan pengetahuan, lanjut Susilo Utomo, berada Kecamatan Rembang (Monumen Tempat Lahir Jenderal Soedirman), Kecamatan Karangjambu (Situs Bandagai), Kecamatan Bobotsari (Situs Mujan), dan Kecamatan Karanganyar (Wisata Batu Menhier), Kecamatan Kertanegara (Wisata Batu Gilang), Kecamatan Purbalingga (Musium Profesor Purwakawaca, dan Masjid Agung Darussalam), Kecamatan Mrebet (Wisata Batu Putin, Situs Onje, dan Situs Batu Tulis Cipaku).

“Sedang pariwisata buatan terdapat di Kecamatan Bojongsari (Owabong), Kecamatan Kutasari (Sanggaluri Park  Dan Kolam Renang Tirta Asri), Dan Kecamatan Padamara (Akuarium Air Tawar Purbayasa Pancuran Mas),” kata Susilo (BNC/tgr)

Tentang Penulis

Leave A Response