Warga Temukan Mortir di Kebun Jagung

Mortir Temuan

Kebumen – Sebuah mortir yang diduga masih aktif ditemukan warga di kebun jagung di Desa Brecong, Buluspesantren, Kabupaten Kebumen (Jateng), Kamis (24/03/2011). Lokasi penemuan merupakan tanah milik warga tetapi sering dipergunakan latihan menembak oleh prajurit TNI.

Salah seorang warga Nurjaman (30) menuturkan, mortir yang ditemukan berbahan kuningan dan seukuran betis orang dewasa dengan panjang 50 cm dan diameter 15 cm. ”Bagian lancip pada mortir terlihat masih ada dan lengkap dengan selongsongnya,” kata Nurjaman.

Disebutkan Nurjaman, penemuan mortir tersebut bukan kali pertama. Sejak bulan Pebruari lalu setidaknya sudah ada tujuh buah mortir yang ditemukan. ”Warga yang menemukan jarang sekali melapor karena malah disalahkan,” kata Nurjaman.

Mudahnya menemukan mortir di areal persawahan itu membuat para petani takut. Bahkan, menurut Jaman, di tahun 1997 silam, lima orang anak SD Setrojenar tewas menyusul ledakan mortir yang ditemukan di kawasan pantai. “Itu juga yang menjadi salah satu alasan mengapa petani menolak keberadaan tentara (TNI) di kawasan ini,” ujarnya.

Komandan Dinas Penelitian dan Pengembangan (Dislitbang)  TNI AD yang bermarkas di pantai Bocor Desa Setrojenar, Bulupesantren Kebumen, Mayor (inf) Kusmayadi menolak menemui wartawan. Melalui salah satu anggotanya, Kusmayadi mengatakan, belum bisa memastikan peluru jenis apa yang ditemukan warga. Namun demikian, pihaknya sudah memberitahu warga agar segera melapor kepada petugas, jika ditemukan peluru-peluru yang diyakini berbahaya tersebut. (BNC/tgr)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.