PIK-R Ponpes Minhajut Tholabah Dinilai

WISATA PURBALINGGA
Ditulis 24 Mar 2011 - 17:50 oleh Banyumas1

Purbalingga – Kabupaten Purbalingga menjadi kabupaten pertama yang dikunjungi salah satu Tim Penilai Lomba Pusat Informasi dan Konsultasi Remaja (PIK-R) Tingkat Jawa Tengah Tahun 2011. Karena berhasil menjuarai Lomba PIK-R Tingkat Kabupaten 15 Maret lalu, PIK-R Al Manhaj Pondok Pesantren Minhajut Tholabah kini berhak menjadi perwakilan Purbalingga di tingkat Provinsi Jateng.

“Purbalingga ini kota pertama yang tim kami singgahi. Kebetulan ada beberapa tim yang turun. Jadi, kami belum bisa memberikan perbandingan,” ujar salah satu anggota Tim Penilai, Genry Nuswantoro SS, usai ramah tamah dengan Wakil Bupati Drs H Sukento Ridho Marhaendrianto MM di Pringgitan Rumah Dinas Bupati, Kamis (24/3).

Terpisah, Kepala Bidang KB Dinas Keluarga Berencana dan Pemberdayaan Perempuan Drs Hendroko Suroso mengatakan dalam penilaian tingkat kabupaten lalu, PIK-R Minhajut Tholabah memiliki beberapa nilai plus dibandingkan PIK-R lainnya. Salah satunya, dari aspek kewirausahaan seperti adanya ternak kelinci, perawatan kebun , dll. PIK-R Al Manhaj juga telah berjalan sebagai wadah berbagi informasi bagi teman sebaya tentang berbagai pengetahuan khususnya tentang reproduksi remaja dan HIV/AIDS.

“Banyak anak remaja yang malu bertanya kepada orang tua atau guru tentang hal-hal yang menyangkut seks. Akibatnya mereka mencari tahu sendiri, sayangnya kadang hasilnya justru negatif dan berdampak negatif. Dalam PIK-R, mereka mendapatkan infromasi yang banyak dari teman sebaya dan informasi itu bukan informasi yang menyesatkan,”jelasnya.

Menurut Hendro, berbeda dengan Lomba Sekolah Sehat (LSS), Lomba PIK-R ini tidak terbatas lomba antar sekolah. Berbagai wadah seperti karang taruna, organisasi kepemudaan, kelompok remaja di berbagai lapis masyarakat boleh membentuk PIK-R dan mengikuti lomba yang digelar setahun sekali ini. Informasi bisa diakses di DKBPP yang memiliki jalur koordinasi dengan BKKBN.

Wakil Bupati Sukento juga ikut mendampingi tim penilai. Wabup berharap Al Manhaj bisa mengukir prestasi di tingkat Provinsi atau bahkan Nasional. Tapi, kata dia, yang terpenting remaja yang tergabung dalam PIK-R bisa mengembangkan pengetahuan dan ketrampilan yang tentunya akan bermanfaat bagi masa depannya. (BNC/cie)

Tentang Penulis

Leave A Response