Tingkat Kepatuhan SPT Tahunan PPh Orang Pribadi Capai 87,65%

Kebumen – Peran pajak  dalam struktur  APBN  cukup besar,  Untuk itu dukungan  dari semua pihak sangat diperlukan .  Hal tersebut diungkapakan oleh  Bupati Kebumen H Buyar Winarso,SE dalam  Acara Pekan Panutan Penyampaian SPT  Tahun 2010, di Kantor  Pajak Pratama  Kebumen , jalan Arumbingan, Kamis (24/3).

Lebih lanjut disampaikan salah satu kendala yang masih dihadapi  dalam meningkatkan pendapatan Negara/daerah dalam hal penerimaan pajak, adalah  masih rendahnya kesadaran masyarakat untuk menunaikan kewajibannya membayar pajak. Padahal, dalam Pembangunan Nasional, pajak memiliki peran yang sangat penting. Pajak merupakan sumber utama penerimaan negara. Penerimaan Pajak di struktur APBN lebih kurang 75 persen dari Penerimaan Negara, yang digunakan untuk membiayai kegiatan pembangunan dan pemerintahan

Termasuk di dalamnya alokasi DAU dan DAK seluruh Kabupaten di Indonesia, dibiayai dengan menggunakan uang yang berasal dari pajak. Begitu pula dengan dana-dana lain yang digulirkan ke masyarakat diantaranya : PNPM Mandiri, Alokasi Dana Desa, Jamkesmas, DAK Bidang Pendidikan dan Kesehatan, serta program pemerintah yang menyentuh masyarakat lainnya juga berasal dari pajak.

Dari 65 ribu Wajib Pajak yang terdaftar di Kantor Pelayanan Pajak Pratama Kebumen, tingkat kepatuhan Pemasukan SPT Tahunan untuk tahun 2010 di Kab. Kebumen  untuk  SPT Tahunan PPh Orang Pribadi sebesar 87,65% sedangkan  SPT Tahunan PPh Badan sebesar 59,73%. Data ini menunjukkan masih banyak masyarakat yang belum membayar pajak. Namun dari angka tersebut telah mencapai target yang diberikan tahun 2010 sebesar Rp. 150 Milyard dengan realisasi sebesar 94 %.

Dalam kesempatan tersebut  Bupati  menghimbau kepada masyarakat  agar  segera membayar pajak tahunannya dan menyampaikan SPT tahunan secara benar, jelas dan lengkap selambat-lambatnya 31 Maret 2011. Karena, pembayaran pajak itu akan bisa membantu Pemerintah dalam pembelanjaan APBN.

Untuk itu perlu tauladan dari  pejabat dan  pengusaha kepada masyarakat dalam mewujudkan kepatuhan dan berperan aktif dalam menyumbangkan iuran kepada negara yang dimulai dari tertib administrasi melaporkan SPT tahunan. (BNC/nn-dininforkomtel kbm)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.