Belum ada solusi atasi amblesnya jalan Ciregol

Ditulis 24 Mar 2011 - 05:41 oleh Banyumas1

TONJONG – Hingga saat ini belum ditemukan solusi untuk mengatasi amblesnya jalan nasional di Ciregol, Kutamendala, Tonjong Brebes Jateng. Jalan vital yang menghubungkan antar  kabupaten di Jawa Tengah bagian barat  dan akses ‘perpindahan’ dari pantura  ke selatan Jawa  Tengah ini masih belumada tanda-tanda segera akan diperbaiki. Ir Edi Sutarno ST, Kepala Satuan Kerja Jalan Nasional Wilayah  I saat meninjau jalan tanjakan menikung, Rabu (23/03) mengatakan saat ini yang dilakukan baru penanganan darurat. “Solusi yang tepat belum ada”, katanya.

Sebagaimana diberitaka sebelumnya, jalan nasional di tanjakan Ciregol, Kutamendala, Tonjong ambles mengganggu lalu lintas Tegal – Purwokerto. Penanganan yang ada selama ini hanya darurat, dan penangananan secara permanen masih dalam kajian. Menurut Edi Sutarno beberapa alternatif masih dalam kajian mempertimbangkan topografi dan kondisi tanah di jalur tersebut. “Kalau alternatif yang ada tidak bisa dilakukan, mungkin bisa direlokasi”, imbuhnya.

Salah satu alternatif adalah membangun fly over ‘mengatasi’ labilnya tanah di Ciregol. Namun tentu membutuhkan anggaran yang besar. Karenanya pemkab Brebes diminta pro aktif mengupayakan solusi dengan pemerintah pusat. Hal ini disampaikan A Fikri Fakih, anggota DPRD Jawa Tengah saat mengikuti peninjauan lokasi. “Karena sekalipun ini jalan nasional, imbasnya juga kepada warga di daerah”, kata politisi PKS asal Slawi ini. (BNC/puh)

Tentang Penulis

Leave A Response