Karyawan Setda ‘Ngonthel Turut Ndesa’

Ditulis 19 Mar 2011 - 09:22 oleh Banyumas1

PURBALINGGA – Karyawan-karyawati Sekretariat Daerah (Setda) Purbalingga, Jum’at (18/3) kembali menggiatkan gerakan mengayuh sepeda. Mereka menyebut ‘Ngonthel Turut Ndesa’. Sesuai namanya, rute-rute yang dilalui sebagian besar desa-desa yang berada dipinggiran kota. Selain sebagai gerakan ramah lingkungan, rombongan yang dipimpin Asisten Perekonomian dan Pembangunan Kodadiyanto, SH, MM juga sekaligus memantau kebersihan dalam menyongsong penilaian Adipura tahap II yang akan dilaksanakan bulan Maret – April 2011.

“Kegiatan ngonthel sepeda ini idenya spontan saja. Biasanya kalau hari Jum’at banyak karyawan-karyawati yang menggunakan sepeda, biar kompak maka kami ajak bersepda bersama-sama,” kata Kodadiyanto, SH, MM.

Rute perjalanan kali ini menempuh setidaknya 15 kilometer. Star dimulai dari halaman dalam Setda kemudian memutar alun-alun – Jalan Piere Tendean – Stadion Goentur Darjono – Kelurahan Penambongan – Mewek – Kedungmenjang – Toyareja – Lamongan – Jatisaba – Bancar – Jalan Pucung Rumbak – Jalan Isdiman – Jalan Komisaris Noto Sumarsono – Piere Tendean – dan kembali melewati alun-alun hingga finish di halaman dalam Setda. Ketika berada di Kelurahan Penambongan, rombongan juga mampir sebentar untuk menyapa warga dan pasukan dari Kodim 0702 Purbalingga yang tengah melakukan kerja bhakti.

”Rute yang kami pilih sebagian merupakan titik pantau penilaian Adipura, jadi sekalian berkeliling bersepeda, kami juga melakukan pengecekan,” kata kodadiyanto.

Salah seorang peserta, Mukodam, S.Pt yang juga Kabag Perekonomian menyatakan sangat mendukung kegiatan ngonthel turut ndesa ini. Melalui cara ini, kita bisa semakin kompak dan tentunya dekat dengan warga masyarakat terutama yang dilewati. ”Meski jaraknya jauh, ternyata belum banyak mengeluarkan keringat. Mungkin karena bersama-sama dan sambil bercanda jadi terasa santai. Keringetannya malah seusai makan soto Jatisaba,” ujar Mukodham setengah berkelakar.

Peserta lainnya, Hanifah Nurlahati, SS staf Bagian Perekonomian juga mengaku senang dengan kegiatan ngonthel ini. Apalagi ia belum lama menjadi CPNS di jajaran Pemkab. Saat kuliah di Jogja dulu menurutnya lebih banyak menggunakan sepeda motor. ”Seneng juga ya bisa bareng-bareng ngonthel, apalagi ada acara kulinernya juga. Bagi anak kos khan lumayan,”  tuturnya santai. (BNC/tgr)

Tentang Penulis

Leave A Response