Dirazia Petugas, Seorang Kakek ‘Gepeng’ Meronta ronta

MERONTA RONTA: Kakek Rapin (65) meronta ronta sat diangkut petugas Stpol PP Banyumas, Selsa (15/03) siang .(foto;nan/BNC)

BANYUMAS-Razia gelandangan dan pengemis atau Gepeng, yang dilakukan petugas gabungan Satpol PP dan Dinas Sosial ,Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans)  Kabupaten Banyumas Jateng Selasa (15/03) siang diwarnai aksi protes. Bahkan seorang kakek menjerit dan meronta ronta saat akan dibawa ke mobil petugas. Dalam razia ini petugas berhasil menjaring puluhan Gepeng yang sebagian besar merupakan muka lama.

MENOLAK DIBAWA: Gepeng yang sudah berusia uzur ini menolak dibawa petugas razi, Selasa (15/03)  siang (foto:nan/BNC)

Reporter BanyumasNews.Com (BNC) Elmord Patriac melaporkan, dari awal sudah terlihat, operasi ini mendapat aksi penolakan. Semula seorang pengamen yang protes dan menolak dibawa petugas. Berikutnya seorang kakek yang berprofesi sebagai pengemis dan mangkal di perempatan Karangpucung Purwokerto hendak kabur saat didatangi petugas.

NGOCEH: Wanita yang diduga mengalami gangguan jiwa ini terus 'ngoceh' sat dibaa petugas Satpol PP Banyumas (foto:nan/BNC)

Begitu tertangkap, kakek berusia 65 tahun ini langsung memberontak dan berusaha melawan saat akan dibawa petugas.  Tak hanya sampai disitu,  kakek yang mengaku bernama Ripan warga Purbalingga ini meronta ronta saat diangkut ke mobil.

Petugas juga mengamankan seorang wanita yang diduga merupakan gelandangan. Wanita ini terus mengoceh saat dibawa petugas.  Sementara di lokasi lain petugas juga menggaruk seorang ibu beserta dua orang anaknya. Anak kecil yang berada di gendongn ini menangis karena ketakutan.

Menurut petugas, razia ini dilakukan menyusul banyaknya laporan warga yang merasa terganggu dengan keberadaan mereka. “ arg sering melpor resh karena mereka saat memint sering setengh memksa,” ujar Kartiman, Kadisnkertrnas Banyumas.

Mereka kemudian dikumpulkan di Kantor Disnakertrans dan selanjutnya para Gepeng ini akan dikirim ke sejumlah panti rehabilitasi untuk dibina (BNC/elm).

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.