Enam Dosen Unsoed Selamat dari Tsunami Jepang

Ditulis 13 Mar 2011 - 19:00 oleh Banyumas1

Purwokerto – Enam dosen Universitas Jenderal Soedirman (Unsoed) Purwokerto (Jateng) yang tengah belajar di sejumlah perguruan tinggi di Jepang, dipastikan selamat dari bencana alam gempa bumi dan tsunami yang menerjang Jepang. Namun, meski selamat, mereka untuk sementara harus tinggal di tempat pengungsian dengan kebutuhan logistik yang terbatas dan mati listrik.

Salah seorang dosen Fakultas Peternakan Unsoed Ir Alief Einstein, M.Hum

Bus evakuasi diberangkatkan dari KBRI di Tokyo untuk menjemput WNI yang terjebak di Sendai. (Dok : KBRI)

mengabarkan, dari hasil kontak dengan rekan-rekannya di Jepang diperoleh informasi bahwa mereka dipastikan selamat. ”Mereka semuanya selamat dan untuk sementara harus tinggal di berbagai tempat pengungsian. Mereka mengabarkan jika logistik dan pasokan air bersih sangat terbatas,” kata Alief Einsten, Minggu (13/3).

Disebutkan Alief, dosen Unsoed yang berada di Jepang masing-masing Suroso (tinggal di Hamamatsu), Agus Maryoto (Nagaoka), Uyi Sulaeman (Sendai), Krisandi Wijaya (Ibaraki), Fatichin (Ehine), dan Prita (Kyushu). ”Kami telah melakukan kontak dengan Uyi Sulaeman, dosen Fakultas Sains dan teknik Unsoed yang tengah studi pasca di Jepang dan mengabarkan selamat. Uyi beserta keluarga saat ini tinggal di penampungan pengungsian di SMP Sanjo 3-1 Sanjomachi, Aoba-ku, Sendai-shi,” jelasnya.

Dari keterangan Uyi Sulaeman, sejumlah rekan lainnya juga mengabarkan selamat. Hanya saja tinggal di lokasi yang terpisah dan tengah dijemput oleh pihak Kedutaan Besar Indonesia di Jepang. ”Uyi Sulaeman mengabarkan saat ini tinggal bersama 89 WNI lainnya tempat pengungsian di SMP Sanjo, Kota Sendai. Ia juga mengabarkan jika kebutuhan logistik seperti air mineral, tisu, antiseptic, popok bayi, makanan bayi, obat-obatan luar (obat pusing, mual) sangat terbatas. Logistik tersebut sulit diperoleh karena infrastruktur di kota tersebut masih sulit untuk dilalui,” kata Alief mengutip kabar dari rekannya. (BNC/tg)

Tentang Penulis

Leave A Response