6813 Kegiatan PNPM Perkotaan Sukses Terealisasi

Ditulis 10 Mar 2011 - 22:42 oleh Banyumas1

PURBALINGGA – Sebanyak 6813 kegiatan PNPM Perkotaan di Purbalingga sukses direalisasikan. Kegiatan yang terbagi atas paket dan regular ini dipusatkan di tiga kecamatan, seperti Purbalingga, Kalimanah dan Padamara.

Dalam laporannya saat Peresmian Hasil Pembangunan Sarana dan Prasarana PNPM Mandiri Perkotaan 2010 di di Desa Kalitinggar Kidul Kecamatan Padamara Oleh Bupati Heru Sudjatmoko Kamis (10/3), Ir Susilo Utomo MSi menyampaikan total anggaran yang terserap dalam seluruh kegiatan PNPM Perkotaan mencapai lebih dari Rp 46,58 miliar. Itu belum termasuk Rp 14 miliar untuk Penataan Lingkungan Pemukiman Berbasis Komunitas (PLP – BK).

“Dari kisaran 46,58 miliar itu terdiri dari APBN sebesar lebih dari 29 miliar, APBD sebesar 3,23 miliar dan swadaya masyarakat senilai lebih dari 14,32 miliar,” lengkapnya.

Khusus Kecamatan Padamara, total anggaran yang digunakan untuk merealisasikan  seluruh kegiatan PNPM Perkotaan mencapai kisaran Rp 2,32 miliar. Total anggaran itu terdiri dari 164,38 juta untuk kegiatan reguler, lebih dari Rp 1,15 miliar untuk kegiatan paket dan Rp 1 miliar untuk PLP-BK.

Susilo menambahkan, tujuan PNPM Perkotaan tidak berbeda dengan program sebelumnya, Program Penanggulangan Kemiskinan di Perkotaan (P2KP), yang mengarah pada pengentasan kemiskinan. Dalam pengentasan kemiskinan, PNPM Perkotaan mencakup tiga tahapan yang terdiri dari Pendampingan Program berupa Intervensi Pembelajaran melalui Bantuan Langsung Masyarakat (BLM), ditindaklanjuti dalam wujud pembelajaran kemitraan dan dituntaskan melalui intervensi akhir.

“Jadi tiga tahapan pengentasan kemiskinan itu, pada tahap awal targetnya menuju masyarakat berdaya, tahap kedua menuju masyarakat mandiri dan yang terakhir menuju masyarakat madani,” imbuhnya. (BNC/cie)

Tentang Penulis

Leave A Response