93 Persen Penderita HIV/AIDS Lelaki Hidung Belang

Ditulis 08 Mar 2011 - 20:41 oleh Banyumas1

Purworejo – Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Tengah mencatat, penderita HIV-AIDS se Provinsi Jateng hingga akhir 2010 mencapai 3.362 orang. Dari jumlah ini terinci penderita HIV sebanyak 1.891 dan penderita AIDS 1.471.

”Dari jumlah penderita HIV/AIDS, sebanyak  93 persen mayoritas merupakan lelaki hidung belang yang sering melakukan aktivitas seks tidak sehat dengan PSK,” kata Kasi Pengendalian Penyakit Dinkes Provinsi Jawa Tengah, dr Puji Lestari, disela-sela sosialisasi HIV/AIDS di RSUD Saras Husada Purworejo, selasa (8/3).

Disebutkan Puji, dari total keseluruhan penderita HIV/AIDS, sekitar 32,56 % merupakan usia produktif, usia antara 29 hingga 35 tahun. Penyebab tertular penyakit ini, 74,98 % karena heterosex atau aktifitas seks yang tidak sehat.  ”Jika dilihat dari profesi pekerjaan, penderita HIV-AIDS di Provinsi Jawa Tengah mayoritas wiraswasta,” kata Puji sembari menambahkan pola penanganan HIV/AIDS telah diatur dalam Perda Nomor 5 tahun 2009 tentang Penanganan dan Rehabilitasi HIV/AIDS.

Dalam kesempatan yang sama, Wakil Bupati Purworejo, Suhar mengungkapkan, penderita HIV- AIDS di Purworejo mengalami peningkatan dua kali lipat dalam kurun waktu tiga tahun terakhir. Hingga bulan Februari 2011 jumlah pasien HIV-AIDS sudah ada tiga orang. “Pada 2010 penderita HIV-AIDS di Purworejo ada 15 orang,” kata Suhar yang juga Ketua Komisi Penanggulangan AIDS Purworejo. (BNC/tgr)

Tentang Penulis

1 Komentar so far. Feel free to join this conversation.

  1. R. Otje Saparindroso 17/06/2011 pukul 22:44 -

    Sangat disayangkan bahwa jumlah orang yang tertular birus HIV-AIDS bertambah banyak. Ada satu cairan yang dapat meningkatkan imunitas, kadar oksigen sekaligus menghilangkan radikal bebas dalam tubuh. Cairan tersebut juga menyeimbangkan pH tubuh dan mampu membunuh kuman SARS. Bisa di pelajari lebih lanjut mungkin bisa membantu meningkatkan kesehatan penderita HIV- AIDS. Jika ingin informasi lebih lanjut silahkan email liwat japri. Terima kasih

Leave A Response