KPP Pratama Bimbing Pegawai Pemkab Isi SPT

Ditulis 07 Mar 2011 - 14:53 oleh Banyumas1

BANYUMAS-Hari ini, Selasa (08/03) Kantor Pelayanan Pajak (KPP) Pratama Purwokerto menyelenggarakan bimbingan pengisian Surat Pemberitahuan Pajak (SPT) Tahunan PPh Tahun 2010 kepada seluruh pegawai Pemkab Banyumas secara bersama-sama, mulai pukul 08.30 WIB bertempat di Pendopo Sipanji Kabupaten Banyumas. Kegiatan ini dalam rangka menyongsong pelaksanaan Pekan Panutan Penyampaian SPT Tahunan PPh Tahun 2010 yang akan dilaksanakan di tempat yang sama pada tanggal 17 Maret 2011 mendatang.

Kepala KPP Pratama Purwokerto, Sudarmawan Haris Hartadi menjelaskan, untuk menyukseskan kegiatan tahunan ini pihaknya telah melayangkan surat kepada Plt. Sekda Kabupaten Banyumas supaya menginstruksikan kepada para Kepala Satuan Kerja di lingkungan Pemkab Banyumas agar segera mengisi SPT Tahunan Pajak Penghasilan Tahun 2010. Sudarmawan juga menjelaskan, bagi para pegawai selaku Wajib Pajak (WP) yang mengalami kesulitan dalam pengisian SPT, KPP Pratama Purwokerto siap memberikan bimbingan.

Dalam kegiatan Pekan Panutan Penyampaian SPT Tahunan PPh Tahun 2010 yang rencananya akan dibuka langsung oleh Bupati Mardjoko, akan dilakukan penyampaian SPT Tahunan, secara berturut-turut oleh Bupati, Sekda, Ketua DPRD, diikuti oleh Wajib Pajak lainnya. Selain itu juga akan dilakukan penyerahan piagam penghargaan kepada 3 WP pembayar pajak terbesar tahun 2010, oleh Bupati Banyumas didampingi Kakanwil Direktorat Jenderal Pajak Jateng II dan Kepala KPP Pratama Puwokerto.

Pekan Panutan Pajak dilaksanakan dalam rangka meningkatkan kesadaran masyarakat dalam rangka mengoptimalkan penerimaan negara dari sektor pajak. Menurut Sudarmawan, saat ini peranan pajak terhadap penerimaan negara secara nasional mencapai 80% dari APBN. Adapun di Kabupaten Banyumas, pajak juga secara signifikan mendukung penerimaan APBD. Sudarmawan menguraikan, APBD Kabupaten Banyumas Tahun 2011 adalah 1,446 triliun, dengan rincian : Pendapatan Asli Daerah (PAD) 172,5 miliar, Dana Perimbangan 985,20 miliar, dan pendapatan lain-lain sebesar 288,10 miliar. Berarti, peranan pemungutan pajak terhadap APBD Kabupaten Banyumas mencapai sekitar 70%. Pendapatan dari sektor pajak tersebut digunakan untuk pembayaran gaji PNS, TNI, dan POLRI, pembangunan sarana pelayanan umum (puskesmas, pasar, jalan), program pengentasan kemiskinan dan lain-lain (BNC/sbr).

Tentang Penulis

Leave A Response