840 Pramuka Purbalingga Ikuti Pesta Siaga

Ditulis 27 Feb 2011 - 22:19 oleh Banyumas1


PURBALINGGA – Sebanyak 840 pramuka dari utusan 18 Kwartir Ranting (Kwaran) se-Purbalingga mengikuti pesta siaga tingkat Kwartir Cabang (Kwarcab) yang digelar di Bumi Perkemahan Munjuluhur, Desa Karangbanjar, Kecamatan Bojongsari, Sabtu (26/2). Peserta ini tergabung dalam 42 barung putra dan 42 barung putri. Pesta siaga untuk mencari barung tergiat dan terbaik dan nantinya akan mewakili Kabupaten Purbalingga pada pesta siaga tingkat Binwil Banyumas.

Komandan Kodim 0702 Purbalingga selaku Mabicab Kwarcab Purbalingga Letkol ARM Jati Bambang Priambodo ketika membuka pesta siaga mengatakan, eksistensi gerakan pramuka di masyarakat diharapkan akan semakin meningkat seiring dengan telah ditetapkannya Undang-undang nomor 12 tahun 2010 tentang Pendidikan Kepramukaan. “Dengan ditetapkannya undang-undang tersebut, diharapkan peran serta berbagai pihak mulai dari pemerintah, anggota gerakan pramuka dan masyarakat diharapkan akan semakin besar,” kata Jati Bambang.

Jati Bambang mengatakan, pesta siaga merupakan pertemuan besar bagi gerakan pramuka golongan siaga yang berusia tujuh hingga 10 tahun dengan melakukan berbagai aktivitas yang bersifat edukatif, kreatif, produktif, dan rekreatif. “Anak-anak peserta pesta siaga adalah anak-anak yang baik, cerdas dan dapat dijadikan teladan bagi teman-temannya. Oleh karenanya, dengan digelarnya pesta siaga anak-anak akan tumbuh menjadi generasi muda yang berprestasi, beriman dan taqwa serta memiliki disiplin yang tinggi,” harap Jati Bambang.

Secara terpisah, Andalan Cabang Urusan Hubungan Masyarakat (Ancu Humas) Kwarcab Purbalingga Ir Prayitno, M.Si mengatakan, pesta siaga kali ini mengambil tema ‘Dengan berpegang teguh pada Dwi Satya dan Dwi Darma, pramuka siaga mewujudkan dan menumbuhkan kesetiakawanan, bersatu dalam meraih prestasi’. “Pesta siaga bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan, pengalaman, ketrampilan serta menanamkan perilaku terpuji dan kepribadian yang berbudi luhur,” kata Prayitno.

Materi pesta siaga, lanjut Prayitno, meliputi keagaaman, kepribadian, teknik kepramukaan, ketangkasan, seni budaya, patriotisme, dan bumbung sosial. “Peserta nantinya akan dicari barung tergiat I hingga III dan Harapan I hingga III. Barung tergiat selanjutnya disiapkan untuk mengikuti pesta siaga tingkat Binmil,” kata Prayitno. (BNC/tgr)

Tentang Penulis

Leave A Response