Orkes Maju Makmur Ajibarang,Kocok Perut Penonton

Ditulis 26 Feb 2011 - 14:08 oleh Banyumas1

KOCOK PERUT: Kelompok Musik OMM Ajibarang, saat tampil mengocok perut penonton pada acara Puncak Hari Pers di Pendopo Kabupaten Banyumas, Jumat malam (26/02)

PURWOKERTO-Semestinya pejabat bisa membuat gembira rakyat bawah. Namun yang terjadi pada Jumat (25/02) malam, justru sebaliknya, sekelompok rakyat benar benar membuat gembira para pejabat. Mereka yang duduk di deretan depan pada malam puncak peringatan hari pers di Pendopo Kabupaten Banyumas di buat terpingkal pingkal saat menonton penampilan Orkes Maju Makmur (OMM).

Kelompok seniman asal Kota Ajibarang ini menyuguhkan komedi musikal dengan lagu lagu plesetan. Tiga lagu ditampilkan secara berurutan benar benar membuat sejumlah pejabat seperti Bupati Banyumas Mardjoko, Kapolres AKBP Untung Widyatmoko dan lainnya seperti Dandim,pejabat Pemkab di empat kabupaten (Banyumas,Banjarnegara,Cilacap dan Purbalingga) tak bisa menahan tawa.

“Saya benar benar terkejut, tidak menyangka akan dipleset plesetkan seperti itu. Saya kira serius,” ujar Dudy , Direktur BI Purwokerto yang terlihat tak bisa menutupi kegeliannya melihat penampilan OMM tersebut.

Orkes Maju Makmur yang tampil dengan 8 personil ini misalnya menampilkan lagu Kehilangan milik vokalis Friman yang disulap menjadi lagu Cocok Rowo ini. Semula penonton siap mendengarkan lantunan lagu melo tersebut. Namun tiba tiba suasana menjadi berubah saat, vokalis OMM, Agus Jenglot memlesetkannya dengan syair Cocok Rowo.

LUGAS: Tampil lugas dengan lagu lagu plesetan OMM mampu membuat penonton terpingkal pingkal (foto:puh/BNC)

Direktur OMM, Sonik Jatmiko menuturkan, OMM memang¬† memiliki personil yang memang hampir semua berlatar belakang pelawak. ” Mereka sudah terbiasa tampil komedi sehingga kaya dengan celoteh celoteh dan kejutan kejutan lucu,” ujar Sonik yang juga wartawan Anteve tersebut.

Ditempat terpisah, Penggagas berdirinya OMM, Amin Roman mengaku, OMM lahir dari kebiasaan tongkrongan di rumahnya pada tahun 2003 an. Mereka para pemusik ini sebagian pekerja serabutan. ” Mereka ada yang tukang ojek, sopir, tukang sampah, pelajar, mahasiswa dan wartawan. Meskipun mereka penganggur anehnya mereka kepengin hidupnya makmur. Karena itulah kami menamakannya Maju Makmur. Biar mereka mau maju terus makmur,” tutur Amin sembari tertawa.

Yang menarik, OMM tak hanya tampil menyuguhkan lagu, tetapi juga diselingi dialog dialog dua pelawak Amin Suprainsus dan Ento Ento Yo. Gaya lawakan khas Banyumasan ini membuat kelompok seniman Ajibarang ini tampil lugas dan menyegarkan.

Suasana menjadi ‘heboh’ saat muncul pelawak Suliah. Wanita yang populer saat masa jaya Peang Penjol ini muncul bersama¬† OMM dalam sesi pementasan kedua. Meski sudah berusia 50 an, wanita yang khas dengan bahasa Banyumasan ini membuat suasana makin ger geran.

SULIAH: Pelawak Peang Penjol Suliah yang masuk membaur dengan OMM membuat suasana malam puncak Hari Pers makin meriah (foto:puh/BNC)

Pementasan OMM nyaris tak terkendali dan melantur jika presenter Nanang Anna Noor, yang mengendalikan mobilitas pemain ini tak cekatan mengendalikan arena. Nanang yang membikin stage opening OMM mampu menjadikan start dan ending pementasan kelompok musik ini tampil mencapai anti klimak.

” Kerapkali kita lupa saat asyik masyuk melawak di panggung. Disini dibutuhkan managerial waktu, ruang dan antisipasi kejenuhan penonton. Yah kita harus selamatkan tim agar penonton merasa puas,” uja Nanang Anna Noor yang juga wartawan Indosiar ini.

OMM menempati Markas di Desa Pandansari Kecamatan Ajibarang Banyumas. Kelompok musik ini siap diaundang untuk pentas. Silahkan hubungi nomor kontak publik relation 081229129027,08562625849 dan 081228886040 (BNC/puh)

Tentang Penulis

& Komentar so far. Feel free to join this conversation.

  1. Benter Tajum 31/03/2011 pukul 13:15 -

    Curugawu…………….majoe teroes yong melu ngrungokna sing kadohan !

  2. lily 02/03/2011 pukul 10:02 -

    Siipp…..dengan kebiasaan tongkrongan ternyata bisa menghasilkan karya juga semoga sukses selalu…….

  3. gus uan 02/03/2011 pukul 09:46 -

    Sekedar klarifikasi, nama grup ini adalah OKRES MADJOE MAKMOER. ( bukan orkes, tapi okres )
    Alamat lengkap Okres Madjoe Makmoer :
    Kampung Curugawu, Ds Pandansari Kec Ajibarang. Banyumas, Jawa Tengah.
    atau hub. contact person saja.

  4. Solo Musik Enterpreiner 01/03/2011 pukul 19:52 -

    Ms bisa minta alamat lengkapnya. Saya salut. Ulasannya kurang lengkap. Di kompasiana lebih lengkap yah?

  5. umang - borneo 01/03/2011 pukul 11:41 -

    lanjutkan bro…
    mantabbbbb…..

  6. umang - borneo 01/03/2011 pukul 11:38 -

    mantabbbbbb…
    lanjutkan…

    banyakin upload ke you tobe…
    kali2 aja ada produser yang tertarik…

  7. ervin yogya 27/02/2011 pukul 22:36 -

    OMM ajibarang apa penggantinya dulu yang ada juga group dari ajibarang kalau ga salah namanya Kethek. Ini gantinya Kethek apa ada group baru. Boleh minta CDnya dong. Kemaren saya download di Youtube gak bisa bisa. Makscih

  8. lin 27/02/2011 pukul 19:02 -

    he3.. asyik nih, berapa tarifnya kala manggung?

Leave A Response