Soal Jalan Rusak, Bupati Minta Masyarakat Bersabar

Ditulis 24 Feb 2011 - 11:10 oleh Banyumas1

PURBALINGGA – Bupati Purbalingga Drs H Heru Sudjatmoko M.Si meminta warga masyarakat Purbalingga untuk bersabar atas kerusakan prasarana jalan di beberapa tempat. Bupati berjanji pada tahun 2011, anggaran pembangunan fisik sebagian besar akan dialokasikan untuk perbaikan infrastruktur, termasuk diantaranya jalan.

“Pak Bupati sangat memperhatikan keluhan warga yang merasa tidak nyaman dengan jalan-jalan yang rusak. Pak Bupati sudah memprioritaskan perbaikan infrastruktur khususnya jalan yang rusak. Sehingga mohon warga untuk bersabar, karena menggunakan anggaran itu ada prosedurnya,” ujar Kepala Bagian Humas Setda Purbalingga Drs Rusmo Purnomo, Kamis (24/2).

Terpisah, Kepala Dinas Pekerjaan Umum (DPU) Kabupaten Purbalingga Ir Susilo Utomo M.Si yang didampingi Kabid Bina marga Drajat Uji Winato, ST, MT mengatakan, saat ini pihaknya sudah hampir menuntaskan tahap survey dan segera ditindaklanjuti dengan proses lelang. Jalan-jalan yang akan diperbaiki mendesak, kata dia, salah satunya jalan Kejobong – Timbang senilai Rp. 650 juta.

Dalam tahun anggaran 2011 ini, Pemkab merencanakan akan memperbaiki  sebanyak 38 ruas jalan se-Kabupaten Purbalingga atau sekitar 111,72 km dengan total anggaran senilai Rp. 25, 79 miliar. Sebanyak 38 ruas jalan itu, akan diperbaiki dengan dana yang berasal dari Dana Alokasi Umum (DAU), Dana Alokasi Khusus (DAK), Dana Bagi Hasil Cukai Hasil Tembakau (DBHCHT), Dana Bagi Hasil dan Bantuan Gubernur.

“Kalau prosedur sudah dilalui, uangnya ada, perbaikan jalan pasti segera dilakukan. Prosedur ini harus dilalui untuk meminimalisir kesalahan administrasi yang bisa menjadi pangkal kesalahan dalam penggunaan anggaran negara,” jelasnya.

Kondisi Jalan

Susilo menjelaskan kondisi jalan baik di Purbalingga terakhir tercatat sepanjang 283,452 km dan yang sedang sepanjang total 177,333 km. Sementara jalan yang rusak saat ini mencapai 249,42 km, dan 111,72 km atau 44,8% diantaranya akan diperbaiki tahun ini. Artinya jika proses perbaikan bisa tuntas sebagaimana target, maka tahun depan masih tersisa 137,70 km atau sekitar 55,2% jalan rusak yang mesti diperbaiki.

“Perbaikan yang akan dilaksanakan tahun ini bisa berupa pemeliharaan berkala, peningkatan jalan dan satu kegiatan pelebaran jembatan,” kata Susilo.

Susilo mencontohkan, pemeliharaan  berkala jalan yang akan dilakukan antara lain Gembrungan – Bandingan kejobong, jalan Puspa Weresti Lingkar Selatan Bobotsari, jalan pemuda Bobotsari, jalan Kutabawa – bambangan Karangreja, Jalan Karangreja – karangjambu, dan pemeliharaan jalan Bojongsari – Walik.

”Total Pemeliharan ruas jalan sebanyak 31 ruas jalan, dan peningkatan jalan sebanyak 6 ruas, sedang pelebaran jembatan 1 buah di Kali gemuruh Ruas jalan Lingkar kalikabong – Sirongge,” kata Susilo Utomo.

Secara keseluruhan jalan yang menjadi tanggung jawab pemkab Purbalingga sepanjang 710,205 km dan sekitar 65% diantaranya atau total 460,785 km masih dalam kondisi layak atau tanpa kerusakan.

Kontribusi Masyarakat

Bupati Heru Sudjatmoko dalam berbagai kesempatan juga meminta masyarakat turut mengawasi pelaksanaan perbaikan jalan nantinya. Kontribusi masyarakat dalam pengawasan perbaikan jalan, kata dia, akan memangkas biasa pemeliharaan jalan di tahun-tahun berikutnya. Sehingga, dana yang semula untuk pemeliharaan dapat dialihkan untuk perbaikan jalan lainnya atau bahkan pembuatan jalan baru.

“Jangan sampai dana 1 miliar untuk jalan yang seharusnya bisa kuat beberapa tahun, dalam 1 tahun rusak karena adanya pengurangan kualitas pengerjaan oleh pihak-pihak yang telah memenangkan tender. Karenanya, saya sangat mengharapkan masyarakat andil dalam pengawasan pelaksanaan pembangunan infrastruktur ini,” tegasnya. (BNC/cie)

Tentang Penulis

Leave A Response