Kemenlu Bantu Promosikan Investasi Purbalingga

Ditulis 21 Feb 2011 - 22:20 oleh Banyumas1

PURBALINGGA – Kementrian Luar Negeri RI berjanji turut mempromosikan Purbalingga sebagai lokasi investasi pemodal asing. Melalui Direktorat Jendral (Ditjen) Amerika dan Eropa Kementrian Luar Negeri RI, Pemkab Purbalingga menyerahkan sejumlah buku berisi potensi Purbalingga yang berisi data dan informasi mengenai perdagangan, pariwisata  dan investasi.

“Informasi ini sangat berguna bagi kami untuk ikut mempromosikan kabupaten kota di Indonesia yang potensial sebagai tujuan investasi pemodal asing,” ujar Kepala Bagian Tata Usaha dan Dokumentasi Promosi TTI Setditjen Amerika dan Eropa Kementrian Luar Negeri Robertus Irawan RH kepada Wakil Bupati Purbalingga Sukento Ridho Marhaendrianto MM dan beberapa pejabat terkait di Ruang Rapat Wakil Bupati, Senin (21/2).

Menurut Irawan, pihaknya sering mengikuti berbagai ekspo atau pameran investasi di berbagai pelosok Amerika dan Eropa. Pihaknya juga berniat mempromosikan kabupaten/ kota potensial di Indonesia termasuk diantaranya Purbalingga, pada penerbitan buletin Indonesia Regional Economic Information atau buletin Market Info. Buletin itu, kata dia, akan disampaikan ke mitra asing yang berpotensi dalam pengembangan kerjasama, baik di bidng perdagangan, pariwisata maupun investasi.

Indonesia termasuk salah satu negara berkembang yang memiliki daya tarik tinggi bagi pemodal asing. Sayangnya, informasi yang mereka dapatkan selama ini sangat minim karena berbagai keterbatasan kabupaten/ kota di Indonesia dalam membuka akses informasi tentang potensi-potensi sumber daya yang dimiliki.

“Kalaupun ada baik berupa buku-buku ataupun DVD, kebanyakan isinya berbahasa Indonesia. Kalau saja dilengkapi dengan bahasa Inggris, tentu mereka akan lebih tertarik lagi dan menindaklanjutinya,” lengkapnya.

Usai bertemu muka dengan Wabup, didampingi Kepala Kantor Penanaman Modal Drs Budi Susetyono MPA dan Kepala Bagian Perekonomian Mukodam SPT, rombongan Ditjen Amerika dan Eropa ini melanjutkan kunjungannya ke pusat-pusat industri besar dan rumah tangga di Purbalingga. Mereka ingin langsung meninjau kondisi riil investasi di Purbalingga, khususnya industri rumah tangga rambut dan bulu mata palsu. (BNC/cie)

Tentang Penulis

Leave A Response