Kwaran Purwonegoro Terpilih pada Pesta Siaga Cabang

BANJARNEGARA – Kontingen Kwartir Ranting Purwonegoro raih dua prestasi tertinggi dalam Pesta Siaga Cabang Gerakan Pramuka Banjarnegara Kwartir Cabang Tahun 2011 yang dilaksanakan Sabtu (19/02) di halaman Sanggar Bhakti Gerakan Pramuka Kwartir Cabang Banjarnegara. Di dalam Pesta Siaga Cabang tersebut, baik Barung Putra maupun Barung Putri Kwaran Purwonegoro berhasil meraih predikat Barung Tergiat I.

Oleh karena kemenangannya ini, keduanya berhak mewakili Banjarnegara dalam ajang Pesta Siaga Tingkat Binwil Banyumas. Bersama mereka, ikut serta dalam event tersebut adalah Barung Putra Tergiat II dari Kecamatan Banjarmangu dan Barung Putri Tergiat II dari Kecamatan Karangkobar. “Menurut rencana, Pesta Siaga tingkat Binwil Banyumas akan diselenggarakan pada tanggal 19 Maret mendatang” imbuh Drs. Edi Joko Purnomo, S. Pd., M. Pd. Ketua Panitia Pesta Siaga.

Pesta Siaga yang mengambil Tema Satu Pramuka untuk Satu Indonesia ini, lanjutnya, diikuti oleh 20 Barung Putra dan 20 Barung Putri yang masing-masing merupakan barung tergiat I dalam Pesta Siaga di tingkat Kwaran. Materi yang dilombakan dalam Pesta Siaga berupa ketakwaan, semangat barung, kepribadian, pengetahuan umum, simpul dan kompas, ketangkasan, parade puisi dan geguritan, pentas budaya, peraturan baris berbaris, dan bumbung kemanusiaan.”Tujuan dari pesta Siaga ini adalah untuk menumbuhkembangkan kecerdasan intelektual, kecerdasan emosional, keterampilan dan jiwa social peserta didik” katanya.

Wakil Bupati Drs. Soehardjo, MM dalam sambutan pembukaan Pesta Siaga mengharapkan kepada para Pembina untuk meningkatkan dan mengembangkan terus kegiatan-kegiatan kepramukaan dalam upaya mencerdaskan kehidupan anak-anak didik, sehingga pada gilirannya nanti menjadi anak-anak Bansa yang cerdas, kreatif, mandiri dan berbudaya. Khusus kepada Dewan Juri, Ia mengharapkan untuk dapat berlaku professional, berkomitmen tinggi pada moralitas dan penuh tanggung jawab. “Kedepankan obyektifitas dalam penilaian  sehingga akan terpilih barung yang benar-benar berkualitas” katanya.

Sementara itu, Kakwarcab Syamsudin, S. Pd., M. Pd., berpesan kepada anak-anak peserta pesta siaga untuk mengembangkan apa yang telah diperoleh selama pesta siaga ini di lingkungan masing-masing. Karena Syamsudin yakin gerakan Pramuka mengajarkan banyak keutamaan yang pas diajarkan kepada anak-anak muda. Mengajarkan keutamaan dan nilai-nilai dalam upaya menumbuhkan jiwa disiplin, mandiri dan bertanggungjawab serta cinta tanah air. “Ada manfaat besar di sana. Karena itu terus kembangkan, jangan sampai upaya ini berhenti” katanya. (BNC/eko)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.